Nadiem Memastikan Asesmen Nasional Tidak Menambah Beban Siswa

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan, penyelenggaraan Asesmen Nasional (AN) ditunda hingga bulan September 2021.

Ia juga berjanji bahwa Asesmen Nasional tidak akan membebani siswa yang mengikutinya, terkhusus kelas 4, 8, dan 11.

Selain itu, Nadiem mengungkapkan Asesmen Nasional dilakukan bukan untuk menambah beban siswa dan bukan sebagai salah satu syarat dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Melainkan, Asesmen Nasional dirancang untuk memperbaiki sistem pendidikan dasar dan menengah.

Sebagai informasi, Asesmen Nasional merupakan Asesmen Kompetensi Minimum yang terdiri dari literasi dan numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Oleh karena itu, Asesmen Nasional berguna untuk membantu sekolah memperbaiki performa layanan pendidikannya menjadi lebih baik, bukan untuk menghukum sekolah.

Nadiem menegaskan, Asesmen Nasional tetap perlu dilaksanakan. Bila tidak, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak bisa menghitung learning loss dan yang paling membutuhkan bantuan Kemendikbud.

Terakhir, ia meminta kepada sekolah dan siswa untuk tidak perlu khawatir menghadapi Asesmen Nasional, karena hal tersebut bukan indikator penentu kelulusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Masih Bingung Soal UTBK SBMPTN Gimana? Yuk Ikutan TO Online Part 15 UTBK TPS + TKA MasukKampus !!!

Holla! Gladiators..!UTBK SBMPTN sebentar lagi nih, gimana persiapan kamu ? Jangan sampe lengah dan ketinggalan satu langkah dari teman-temanmu yaa 🥳.Caranya gimana supaya gak ketinggalan ?Ini dia yang ditunggu-tunggu oleh kalian semua SUDAH DIBUKA… 🥳.Yuk, ikutan TO UTBK TPS + TKA 2021 Part 15. Try Out Termurah dan Terpercaya persembahan @masukkampus dengan […]

Subscribe US Now