Nadiem: Daerah Kesulitan PJJ, Segera Lakukan Sekolah Tatap Muka

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memastikan sekolah tatap muka bisa tetap dilakukan meski kasus corona meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri yang telah ditetapkan, namun pembelajaran tatap muka diputuskan oleh pemerintah daerah (pemda) melihat situasi dan kondisi daerah tersebut.

Nadiem bahkan meminta sekolah tatap muka diberlakukan di daerah yang sudah aman COVID-19 dan kesulitan memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Menurut dia, sekolah tatap muka penting dilakukan agar tidak terjadi kehilangan kompetensi belajar (learning loss) yang dirasakan oleh siswa.

Ia melanjutkan, pemda bisa melihat apakah wilayahnya sudah bisa mengizinkan tatap muka atau belum dengan memperhatikan keadaan sekolah dan siswa.

Nadiem menyebut learning loss sangat sulit dihindari di tengah pemberlakuan PJJ. Ia memahami bahwa baik orang tua, siswa, dan guru menghadapi pembelajaran yang kurang optimal selama PJJ.

Untuk meminimalisir risiko learning loss, Kemendikbud melakukan sejumlah kebijakan untuk mendukung pembelajaran. Mulai dari kuota internet gratis, pemberian dana BOS untuk membeli handphone atau laptop.

Terakhir Nadiem mengatakan, risiko ini memang paling bisa ditekan dengan adanya sekolah tatap muka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Berikut Jadwal dan Syarat Penerimaan Jalur Ketua OSIS di IPB University Tahun 2021

IPB University membuka jalur Ketua OSIS pada penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri. Jalur Ketua OSIS ini akan dibuka pendaftarannya pada 1 Februari sampai 14 April mendatang. Jalur ini adalah jalur yang menjadi bagian dari upaya mencetak calon pemimpin masa depan. Ketika sudah masuk jalur Ketua OSIS maka akan dilakukan talent […]

Subscribe US Now