Miris! Hukum di Indonesia Belum Melindungi Pekerja Anak Magang

masukkampus

Kasus yang terjadi pada pekerja magang di Campuspedia membuka permasalahan lama di Indonesia yaitu adanya kekosongan hukum. Meski CEO Campuspedia, Akbar Maulana telah mengakui kekurangan sistem magang, namun tak ada sanksi dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

Direktur Pemagangan Kemenaker Ali Hafsah menuturkan kasus ini sebenarnya tidak menjadi fokus utama Kemenaker meskipun ditemukan berbagai kejanggalan, seperti 14 orang didenda Rp. 500 ribu karena resign, jam kerja tak menentu, beban kerja layaknya pegawai tetap, sampai tidak adanya asuransi kesehatan.

Sebab, Ali mengatakan, pemagangan, yang diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2020, hanya menyasar para pencari kerja dan pekerja untuk meningkatkan kompetensinya.

Kepala Biro Humas Kemenaker Chairul Fadly Harahap menjelaskan Permenaker Nomor 6 Tahun 2020 hanya mengatur hak-hak pemagang yang sudah lulus dari jenjang pendidikan dalam konteks pelatihan kerja. Sedangkan pemagangan dalam konteks pendidikan tidak masuk dalam naungan aturan tersebut.

Kemenaker hanya bisa meminta perusahaan-perusahaan yang menerima pemagang berstatus pelajar menerapkan permenaker tersebut. Namun, jika permintaan itu tidak diindahkan, Kemenaker tetap tidak bisa melakukan apa-apa, apalagi memberikan sanksi atau hukuman.

Wakil Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia I Dewa Gede Karma Wisana menilai masih terdapat kekosongan hukum untuk menyikapi kasus-kasus dugaan eksploitasi yang terjadi pada pemagang berstatus pelajar.

Selaras dengan Dosen Hukum Ketenagakerjaan Universitas Gadjah Mada, Nabiyla Risfa Izzati mengatakan aturan yang ada sekarang memang belum mampu mendefinisikan secara gamblang terkait kriteria pemagang.

Perbedaan definisi ini, menurut Nabiyla, mestinya menjadi perhatian khusus dua kementerian, yakni Kemenaker dan Kemendikbud-Ristek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bercita-cita Jadi Pilot ? Sekolah Penerbangan Ini Ada di Indonesia

Perkembangan teknologi penerbangan saat ini semakin pesat, kebutuhan terhadap transportasi (pesawat udara) pun ini sangat tinggi. Maka dari itu, jumlah pilot saat ini tidak setara dengan jumlah kebutuhan perusahaan penerbangan (Maskapai) sehingga peluang untuk menjadi pilot masih sangat terbuka. Bagi kamu yang memimpikan profesi sebagai pilot atau pramugari tentunya harus […]

Subscribe US Now