Mahasiswa Belum Menjadi Target Vaksinasi, Kampus Ragu Untuk Kuliah Tatap Muka

Airul Septian

Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengaku khawatir jika kampus dibuka ketika mahasiswa belum menerima vaksin Covid-19.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Jamal Wiwoho mengatakan, masih ada sejumlah PTN yang tidak berani membuka kampus dengan kondisi pandemi saat ini.

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah mengatakan kampusnya sudah siap dibuka sejak Januari 2021. Namun, kekhawatiran akan penularan virus di kalangan mahasiswa masih besar, karena mahasiswanya belum menjalani program vaksinasi dari pemerintah.

Ia sangat memahami bahwa program vaksinasi mempunyai keterbatasan karena stok yang belum memadai. Namun langkah ini menurutnya penting dilakukan untuk meminimalkan potensi penularan virus di lingkungan kampus jika pembelajaran tatap muka dilakukan bulan Juli 2021.

Selain itu, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria juga dengan tegas mengatakan bahwa kampus tidak akan dibuka sebelum mahasiswa melakukan vaksinasi. Ia mengatakan bahaya penularan virus ada pada dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

Dilain sisi, juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, mahasiswa belum masuk prioritas vaksinasi. Namun, mahasiswa masuk ke kelompok masyarakat umum.

Vaksinasi untuk masyarakat, rencananya akan dilakukan pada April 2021-Maret 2022. Tahap pertama dilakukan kepada masyarakat rentan, dan kedua pada masyarakat lain. Namun, untuk skema penyalurannya akan dibahas dan dikaji lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Menakjubkan! FK UI Satu-Satunya Fakultas Kedokteran Terbaik Di Dunia Dari Indonesia

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) kembali menjadi Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia. Bahkan FKUI menjadi satu-satunya fakultas kedokteran terbaik di dunia asal Indonesia yang menduduki peringkat 215-300 dunia pada daftar pemeringkatan The Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR).  Ketua Majelis Wali Amanat UI (MWA UI),Saleh Husin mengatakan, suatu […]

Subscribe US Now