Kemendikbud Tetap Akan Membuka Sekolah di Bulan Juli Meski IDAI Tidak Merekomendasikan

masukkampus

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tetap berpegang pada rencana pembukaan sekolah Juli 2021, setelah vaksinasi guru dan tenaga kependidikan. Meskipun Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tidak merekomendasikan sekolah dibuka pada Juli mendatang, berkaca pada kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini.

Dilansir dari CNN Indonesia, Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Jumeri mengatakan rekomendasi dari IDAI sifatnya tidak mempengaruhi kebijakan pemerintah terkait pembukaan sekolah dan opsi pembelajaran tatap muka.

Hanya saja, ia menegaskan rekomendasi itu bisa menjadi peringatan bagi pihak sekolah dan orang tua dalam mengambil keputusan belajar tatap muka bagi siswa.

Lanjutnya, remonendasi IDAI sebagai warning kepada sekolah, orang tua dan masyarakat untuk sangat berhati-hati melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Dilain sisi, epidemiolog Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra menilai pemerintah tidak seharusnya mengabaikan rekomendasi IDAI sebagai ahli di bidang kesehatan anak.

Ia mengatakan dalam mengambil kebijakan di tengah pandemi, seharusnya pemerintah menetapkan pandangan ahli sebagai pertimbangan utama. Khususnya terkait kebijakan yang punya risiko penularan Covid-19.

Terakhir, Hermawan mejelaskan jika hal ini tidak dilakukan dan pemerintah gegabah dalam mengambil keputusan, ia khawatir penyebaran virus tak akan ada akhirnya. Terlebih, kata dia, pandemi di Indonesia belum bisa dibilang terkendali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

SIMAK UI 2021 Resmi Dibuka! Berikut Ketentuan Pemilihan Prodinya

Pendaftaran SIMAK UI 2021 untuk jenjang S1 Reguler, S1 Paralel, S1 KI, dan D3/D4 Vokasi resmi dibuka pada hari ini, Senin (3/5/2021). Beruntungnya, peserta bisa mendaftar sampai enam pilihan jurusan. Dilansir dari media sosial UI, peserta SIMAK UI 2021 diperbolehkan memilih 1 hingga 6 jurusan yang diminati dengan maksimal 3 […]

Subscribe US Now