Kemendikbud Ristek Melakukan Transformasi Pengelolaan Dana Bos Semakin Transparan

masukkampus

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melakukan transformasi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Hasil dari transformasi dana BOS itu direspons baik oleh masyarakat.

Berdasarkan survei Litbang Kompas, sebanyak 86,5 persen responden menilai kebijakan transfer langsung dana BOS ke rekening sekolah melalui Merdeka Belajar episode ketiga lebih memudahkan pihak sekolah.

Menurut Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud Ristek Jumeri, transformasi pengelolaan dana BOS, salah satunya dilakukan lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan program prioritas sekolah.

Pemerintah memberikan fleksibilitas kepada kepala sekolah dalam memanfaatkan dana BOS untuk kebutuhan dan program sekolahnya.

Jumat (17/12/2021) Kemendikbud Ristek melansir bahwa Ada relaksasi penggunaan dana BOS. Saat ini dana BOS tidak lagi disekat-sekat persentasenya. Jadi, lebih fleksibel dan kepala sekolah diberikan kesempatan dan kemerdekaan untuk bisa membelanjakan sesuai dengan kebutuhan riil sekolah.

Tahun depan, akan dilakukan standardisasi rekening, yaitu dimulainya nomor rekening dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Kemudian diikuti nomor rekening, demi memastikan rekening tersebut memang khusus untuk penyaluran dana BOS.

Jumeri mendorong agar pemerintah daerah (Pemda) dapat mendorong peningkatan tata kelola sekolah, khususnya dalam pelaporan penggunaan dana BOS yang kini penggunaannya semakin fleksibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UI GreenMetric 2021 Rilis 10 Kampus Paling Lestari di Indonesia

Universitas Indonesia (UI) kembali merilis UI GreenMetric 2021. Dari 101 perguruan tinggi di Indonesia, ada 10 kampus paling lestari versi UI GreenMetric 2021. Diraihnya penghargaan sebagai kampus yang lestari, sehat dan berkelanjutan ini membanggakan karena jumlah perguruan tinggi yang turut serta dalam ajang ini naik pesat. Dari Indonesia, peserta meningkat […]

Subscribe US Now