KEMENDIKBUD : Penentu Kelulusan Siswa Bukan Asesmen Nasional Melainkan Ujian Akhir Semester

masukkampus

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) rencananya akan menggelar pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) pada Maret 2021. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Kemendikbud memutuskan untuk mengundur pelaksanaan AN tersebut pada bulan September 2021.

Hal inilah yang membuat siswa dan pihak sekolah kebingungan mengenai indikator kelulusan siswa. Pasalnya juga Ujian Nasional (UN) telah dihapuskan.

Terkait hal tersebut, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Paud Dikdasmen) Kemendikbud, Jumeri menjelaskan, Ujian Akhir Sekolah (UAS) yang akan menjadi penentu kelulusan siswa bukan Asesmen Nasional.

Lanjutnya, sekolah dapat membuat soal secara mandiri dengan berdasarkan acuan kurikulum nasional ataupun kurikulum daruat.

Ia mengatakan, alasan Kemendikbud menunda AN tahun 2021 dikarenakan untuk memastikan kesiapan sekolah dalam penyelenggara AN, seperti memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dan protokol kesehatan yang memadai.

Sebagai informasi, target penyelenggaraan AN akan dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2021 untuk kelas 4, 8, dan 11.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Berbeda dengan UN, Asesmen Nasional 2021 Tidak Akan Diumumkan ke Siswa

Asesmen Nasional (AN) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) untuk sementara ditunda pelaksanaannya hingga September 2021. Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Asrijanty mengatakan, pelaporan hasil pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) tidak akan diberikan kepada siswa secara individual layaknya nilai UN, melainkan langsung diserahkan kepada sekolah untuk bahan evaluasi. […]

Subscribe US Now