KEMENDIKBUD Mengakui 20% Siswa Kehilangan Kompetensi Belajar Akibat Sekolah Daring

masukkampus

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melakukan survei ke sejumlah sekolah. Tujuan dari survei tersebut untuk mengetahui potensi kehilangan kompetensi belajar (learning loss) siswa akibat pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dari survei tersebut didapatkan bahwa 20 persen sekolah secara nasional menyatakan sebagian siswa tidak memenuhi kompetensi. Oleh karena itu Kemendikbud menyebut bahwa 20 persen siswa diduga mengalami kehilangan kompetensi belajar.

Namun 80 persen siswa masih mampu mencapai hasil belajar mereka di tengah pandemi. Kemendikbud juga mengatakan bukan berarti angka 80 persen itu akan terus bertahan. Apalagi, mengingat PJJ masih terus berlangsung hingga batas waktu yang belum ditentukan atau berdasarkan kebijakan masing-masing pemerintah daerah (pemda).

Nadiem mengatakan bahwa hanya terdapat satu solusi untuk menangkal adanya learning loss. Salah satunya sekolah tatap muka. Namun ia juga meminta saat pembelajaran tatap muka (PTM) dilakukan, pemerintah daerah (pemda) mengambil peran.

Selain itu, Nadiem juga mengungkapkan salah satu dampak terburuk dari sekolah daring adalah ancaman putus sekolah yang dapat berdampak seumur hidup.

Oleh karena itu, Kemendikbud meminta guru bisa menciptakan pembelajaran dengan konsep yang merdeka dan menghadirkan pembelajaran yang esensial, dengan menerapkan kurikulum darurat.

Terakhir Nadiem mengatakan sekolah harus dibantu oleh pemda dalam menggelar pembelajaran tatap muka, mulai dari penyediaan sarana hingga pengawasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Nadiem: Daerah Kesulitan PJJ, Segera Lakukan Sekolah Tatap Muka

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memastikan sekolah tatap muka bisa tetap dilakukan meski kasus corona meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri yang telah ditetapkan, namun pembelajaran tatap muka diputuskan oleh pemerintah daerah (pemda) melihat situasi dan kondisi daerah tersebut. Nadiem bahkan […]

Subscribe US Now