Berbeda dengan UN, Asesmen Nasional 2021 Tidak Akan Diumumkan ke Siswa

masukkampus

Asesmen Nasional (AN) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) untuk sementara ditunda pelaksanaannya hingga September 2021.

Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Asrijanty mengatakan, pelaporan hasil pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) tidak akan diberikan kepada siswa secara individual layaknya nilai UN, melainkan langsung diserahkan kepada sekolah untuk bahan evaluasi.

Lanjutnya, siswa tidak akan mengetahui hasil AN, meskipun dirinya sendiri yang mengisi soal-soal tersebut

Ia mengatakan AN memiliki perbedaan fungsi dengan UN. UN untuk melihat capaian akademik individual siswa, sedangkan AN bertujuan untuk mengukur mutu pendidikan.

Sebagai informasi, sekolah akan memilih secara acak siswa kelas 4, 8 dan 11 untuk mengikuti AN 2021. Sedangkan untuk siswa kelas 6, 9, dan 12 dapat fokus mempersiapkan diri untuk seleksi masuk ke jenjang berikutnya.

Terakhir ia menambahkan, hasil AN sendiri nantinya akan menjadi umpan balik bagi sekolah, dinas pendidikan, Kemendikbud, dan Kemenag. Sehingga dapat diketahui apa yang harus dilakukan sekolah dalam rentang satu tahun agar memperbaiki hasil AN 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kabar Gembira! IPB University Memberikan 7 Keringanan Biaya Pendidikan

Institut Pertanian Bogor (IPB) memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang sedang menjalankan kegiatan perkuliahan semester genap 2020/2021. Kemudahan yang diberikan kampus IPB, yakni mahasiswa akan memperoleh bantuan biaya. Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Arif Satria mengatakan, kebijakan ini diambil, karena mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19. Prof. Arif menjelaskan setidaknya ada tujuh […]

Subscribe US Now