Program Studi Aktuaria Banyak Dibutuhkan di Dunia Kerja Apa Saja Ya?

Masih bingung menentukan program studi yang akan dipilih di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Neger (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), dan jalur mandiri PTN maupun PTS 2022?

Program studi Aktuari ini bisa menjadi pertimbangan karena jumlah SDM dari lulusan Aktuaria masih kurang padahal sangat dibutuhkan di Indonesia.

Beberapa waktu lalu hal tersebut dipaparkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui akun Instagram resmi.

Bagi calon mahasiswa baru yang berminat daftar di program studi Ilmu Aktuaria lebih baik memiliki kecenderungan dan tertarik pada bidang matematika.

Namun tidak memungkiri, program studi ini terbuka bagi lulusan SMA baik jurusan IPA, IPS, apalagi SMK sesuai dengan kebijakan kampus apakah prodi ini masuk ranah saintek atau soshum

Program studi Aktuaria mempelajari ilmu aktuaria atau actuarial science yaitu disiplin ilmu untuk merancang solusi dari permasalahan dan pengelolaan risiko pada industri perasuransian, dana pensiun, jaminan sosial, investasi, perbankan dan industri terkait lainnya.

Tidak hanya itu, Aktuaria juga akan mempelajari bidang ilmu pendukung lainnya, seperti matematika, statistika, algoritma dan pemrograman, akuntansi, ekonomi, manajemen serta bidang ilmu terkini seperti ilmu data (data science) dan big data.

Lulusan prodi Aktuaria berpotensi besar di dunia kerja sebagai:

1. Aktuaris
2. Pemeriksa Klaim dan Asuransi Properti
3. Penilai, Pemeriksa, dan Penyelidik Klaim Asuransi
4. Penaksir Asuransi untuk Kerusakan Kendaraan
5. Agen Penjualan Asuransi
6. Surveyor Risiko Asuransi

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.