Polemik UTBK Dimajukan Alasan Menristekdikti Berprestasi ke Luar Negeri

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir menjelaskan murid SMA yang berprestasi sebelum lulus sekolah, banyak yang diterima di perguran tinggi luar negeri dan pada bulan Desember dan Januari sudah diambil oleh perguruan tinggi asing, berarti kita ada masalah kerugian yang besar dalam hal resources ini. Hal ini juga dianggap bisa menghilangkan potensi anak didik untuk belajar di luar negeri.
.
Nasir menyatakan dirinya mengusulkan paling cepat UTBK dilakukan pada Desember tiap tahun. Namun ia mengaku hal itu memang tidak bisa direalisasikan pada tahun ini. Menurutnya jika dilakukan pada tahun ini, maka para murid akan kaget.
.
Sementara itu Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar menjelaskan saat ini pihak Kemenristekdikti masih mengutamakan evaluasi pelaksanaan UTBK 2019. Berdasarkan evaluasi itu nantinya akan ditentukan kesiapan terhadap rencana pemajuan itu. Ismunandar pun mengatakan berencana akan menyebar waktu penyelenggaraan ujian yang terdiri dari beberapa gelombang itu. Semua mengumpul di sekitar bulan Mei, Juni, ia ingin kita nanti akan lebih spread lagi.

Lebih lanjut Ismunandar mengatakan mekanisme pelaksanaan UTBK yang dimajukan akan sama dengan tahun ini. Untuk diketahui di AS, ada yang namanya ujian SAT (Standard Aptitude Test). Ujian itu digunakan untuk mendaftar ke sebagian besar perguruan tinggi di AS. Ujian ini dibuka secara nasional setiap tahun pada Agustus, Oktober, November, Desember, Maret, Mei, dan Juni.
.
Nasir menambahkan tes masuk perguruan tinggi di Indonesia masih tidak bisa dilakukan hanya oleh satu jalur. Calon mahasiswa masih bisa mengikuti ujian mandiri yang diselenggarakan berbagai perguruan tinggi. Ujarnya kalau dijadikan satu jalur akan geger semua nanti.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.