Peserta UTBK Kaget Subtes Bertambah Menjadi 5, Berbeda Dengan Imbauan LTMPT


Terkait dengan adanya pandemi Covid-19, tes UTBK-SBMPTN 2020 hanya berupa TPS. TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.
.
Awalnya LTMPT mengumumkan subtes ada 4 yaitu kemampuan meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan membaca dan menulis.
.
Lalu pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa Inggris terumana pada subtes Pengetahuan Kuantitatif, yang katanya beberapa soal akan ada yang berbahasa inggris.
.
Tapi nyatanya, pada hari pertama UTBK peserta yang mendapatkan jadwal pada tahap 1 memberi ciutan di twitter yang sedang trending yaitu hastag utbk. Mereka banyak yang mengeluhkan bahwa ternyata tidak sesuai dengan apa yang diumumkan oleh LTMPT.
.
Nyatanya saat ujian subtes UTBK berubah menjadi 5 subtest, yaitu kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan membaca dan menulis, dan bahasa inggris.
.
Berikut jumlah soal dan alokasi waktu pengerjaan per subtes:
1. Penalaran Umum: 16 soal, 23 menit
2. Pengetahuan Kuantitatif: 16 soal, 24 menit
3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum: 19 soal, 24 menit
4. Kemampuan Membaca dan Menulis: 15 soal, 23 menit
5. Bahasa Inggris: 10 soal, 11 menit

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.