Peserta KIP-Kuliah SBMPTN 2021 Harus Memilih Prodi di Lingkungan Kemendikbud

Pemegang Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah) yang ingin mendaftar UTBK-SBMPTN 2021 tidak dapat memilih PTN maupun program studi yang berada di bawah Kementerian Agama atau UIN.

Hal tersebut disampaikan secara resmi di sosial media instagram LTMPT.

Sebagai informasi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) adalah perguruan tinggi di Indonesia yang pengelolaannya berada di bawah Kementerian Agama seperti Universitas Islam Negeri (UIN).

Tim Teknis KIP-Kuliah Sony H Wijaya menjelaskan KIP Kuliah hanya dapat digunakan untuk Perguruan Tinggi di bawah Kemendikbud. Hal ini dikarenakan KIP Kuliah di bawah naungan Kemendikbud.

Ia menambahkan pihaknya juga telah menginformasikan di website KIP Kuliah mengenai ketentuan tersebut. 

Di sisi lain, Kemenag juga memiliki program KIP-Kuliah yang dapat digunakan di perguruan tinggi di bawah naungan Kemenag. 

Siswa yang akan melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (seperti UIN/IAIN/STAIN, PTKN Hindu, Budha, Kristen, Katolik, dan Konghucu) maupun Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta dipersilakan mendaftar KIP-Kuliah Kemenag.

Apabila peserta ingin tetap memilih UIN, maka perlu membatalkan kepesertaannya di KIP-Kuliah Kemendikbud.

Terakhir, pihak Kemendikbud juga menghimbau kepada peserta pemegang nomor pendaftaran KIP-Kuliah, apabila memilih program studi (prodi) diluar naungan Kemendikbud, maka status pemegang nomor pendaftar KIP-Kuliah dinyatakan tidak berlaku.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.