Pertimbangan Plus Minus Sebelum Memilih Jurusan Yang Baru Dibuka

Nilai plus memilih prodi baru:
1. Persaingan tidak seketat prodi yang telah lama populer.
Sebuah jurusan tentu perlu waktu untuk dikenal oleh lebih banyak calon mahasiswa. Sebab, rata-rata calon mahasiswa bahkan orangtua masih terfokus untuk memilih prodi yang telah populer sebelumnya.
.
2. Prospek karier cerah
Walau terbilang baru, ada sejumlah prodi baru yang dianggap mampu membuat lulusan memiliki kompetensi yang dibutuhkan industri masa kini. Salah satunya prodi Aktuaria.
.
3. Update kebutuhan industri
Prodi baru diadakan tentu bukan tanpa alasan. Aktuaria misalnya, kebutuhan akan lulusan yang dapat melakukan analisa dan memprediksi keuangan perusahaan ternyata sangat dibutuhkan oleh industri untuk melengkapi akuntan yang mengelola keuangan.
.
4. Kegiatan belajar mengajar lebih fokus
Sebagai angkatan perdana, jumlah mahasiswa di prodi baru bisa dibilang masih sedikit. Dengan begitu dosen bisa lebih fokus untuk mengajar dan memberikan bimbingan.
.
5. Diperhatikan kampus
Sebagai prodi baru, jurusan tersebut sangat mungkin untuk mendapat perhatian lebih dari kampus, sebab akan menentukan berhasil atau tidaknya sebuah prodi baru. .
Nilai minus memilih prodi baru:
1. Jumlah kursi sedikit
Walau peminat belum banyak, baiknya jangan terlena. Pasalnya, prodi baru umumnya hanya menerima sedikit mahasiswa. Seperti prodi Aktuaria di Universitas Indonesia salah satu prodi dengan peminat terbanyak di SNMPTN 2018.
.
2. Kemungkinan belum memiliki akreditasi
Belum memiliki akreditasi, artinya prodi baru di kampus tersebut belum sepenuhnya memiliki kualitas yang baik. Walau begitu, kamu bisa melakukan pertimbangan melalui reputasi kampus atau luasnya lapangan pekerjaan.
.
3. Trial and error
Sebagai prodi baru yang mendapat perhatian lebih, pihak kampus sejatinya akan menerapkan proses belajar hingga melaksanakan kurikulum yang efektif. Namun, ada kemungkinan ada perubahan yang juga dilakukan sepanjang perjalanan.
.
4. Tidak punya banyak senior
Saat mengerjakan tugas harian, tugas akhir, maupun skripsi, mahasiswa yang jurusan lain mungkin memiliki banyak referensi.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.