Perlu Tau! KIP Kuliah Bisa Untuk Daftar PTN-PTS

Tahun 2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Riset) menawarkan banyak bantuan biaya pendidikan. Salah satunya yaitu melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022.

KIP 2022 digunakan untuk para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS). Abdul Kahar selaku Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) menyampaikan bahwa tujuan dari adanya beasiswa ini untuk meningkatkan akses kepada masyarakat yang kurang mampu pada pendidikan tinggi agar lebih merata dan berkualitas. Sehingga nantinya sumber daya manusia (SDM) di Indonesia menjadi unggul dan dapat segera terwujud.

Untuk sekarang ini, KIP Kuliah Merdeka tahun 2022 sudah dibuka baik untuk calon mahasiswa PTN dan PTS melalui berbagai tes masuk. Mulai dari Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), seleksi Mandiri PTN, hingga seleksi Mandiri PTS. Nantinya bagi calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Mereka yang akan mendaftar dibebaskan dari biaya pendaftaran UTBK SBMPTN dan biaya kuliah semester hingga nanti lulus. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan mendapatkan biaya hidup setiap bulannya.

Sementara itu, syarat-syarat yang digunakan untuk mendaftar KIP-K seperti data diri, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemudian, pendaftaran KIP Kuliah Merdeka dapat menggunakan akun yang sama untuk SBMPTN. Hanya dengan satu kali mendaftar maka akan digunakan untuk semua jenis seleksi jalur dan dapat digunakan sepanjang tahun selama masa pendaftaran masuk PTN maupun PTS.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share