Perhatikan 6 Hal Ini Bidikmisi SNMPTN SBMPTN 2020 Diganti Menjadi KIP-Kuliah & ADik

Dirjen Belmawa Prof. Ismunandar menyampaikan salah satu perubahan penting dalam PMB 2020 adalah perubahan beasiswa perguruan tinggi dari Bidikmisi menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) dan Afirmasi Pendidikan Daerah 3T (ADik).
.
Tidak ada perubahan yang signifikan antara program Bidikmisi dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah ini, hanya dari sisi nama saja dan lebih terintegrasi. Prinsipnya, pemerintah tetap menjamin siswa prestasi yang tidak mampu bisa melanjutkan untuk kuliah.
.
Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) atau Afirmasi Pendidikan Daerah 3T (ADik).
.
Jika memenuhi syarat, calon mahasiswa tersebut akan dibebaskan dari biaya kuliah dengan beasiswa KIP-K atau ADiK
.
6 ketentuan KIP dan ADik
.
1.Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah.
.
2. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program KIP Kuliah dan ADik melalui lamanmasing-masing sebagai berikut:
KIP Kuliah: http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
ADik: http://adik.kemdikbud.go.id/
.
3. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik terlebih dahulu mendaftar ke lamanhttp://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
.
4. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik yang dinyatakan memenuhi persyaratan mendaftar UTBK di laman https://portal.ltmpt.ac.id dan tidak dikenakan biaya ujian.
.
5. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2020, menggunakan NISN danNPSN untuk mendaftar UTBK dan tidak dikenakan biaya ujian.
.
6. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2020, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2020.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
Avatar for masukkampus
1 Comments
Avatar for masukkampus
Loga Prity Dewi 31-01-2020
| |

Halo kepada tim masuk kampus, saya membaca artikel tentang KIP-Kuliah dan ADik dan di artikel tersebut dicantumkan link prosedur pendaftaran progaram KIP-Kuliah dan ADik. Namun, link tersebut tidak berisi informasi apa-apa dan tidak diarahkan ke website kemendikbud.
Apakah tim masuk kampus memiliki link lain yang dapat saya akses? Karena saya telah mencari informasi seputar KIP-Kuliah tetapi tidak ada yang jelas dan lengkap serta tidak disertai link.

Sekian dari saya
Terimakasih