Pendidikan Jarak Jauh dan Manfaatnya pada Indonesia

Meski telah cukup lama disampaikan, masih terdapat banyak siswa dan masyarakat yang tidak mengetahui berita mengenai Program Pendidikan Jarak Jauh yang dicanangkan Pemerintah. Sebenarnya apakah Pendidikan Tinggi Jarak Jauh atau yg sering disingkat PJJ ini?
.
.
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Asia, bahkan dunia. Hal ini mengakibatkan sulitnya pemerataan perguruan Tinggi yang berkualitas di seluruh daerah yang ada di Indonesia. Oleh karena hal tersebut, Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PJJ) merupakan salah satu terobosan guna meningkatkan akses pendidikan tinggi di negara kepulauan ini.
.
.
Dengan adanya pendidikan Jarak Jauh, diharapkan membuka akses terhadap pendidikan bagi siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Dengan karakteristik tersebut, sistem PJJ seringkali dianggap sebagai solusi terhadap berbagai masalah pendidikan, terutama yang berkaitan dengan pemerataan dan demokratisasi pendidikan, serta perluasan akses terhadap pendidikan berkualitas kepada seluruh lapisan masyarakat.
.
.
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mendorong sebanyak 90 perguruan tinggi negeri untuk mulai menyiapkan sistem pendidikan jarak jauh. Pasalnya, hingga saat ini, baru ada 51 PTN yang sudah dan siap menggelar model perkuliahan berbasis daring tersebut. Diantaranya, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Terbuka (UT).
.
.
Menristekdikti Mohamad Nasir menegaskan, pendidikan tinggi di Indonesia harus melakukan perubahan yang bertujuan untuk mengantisipasi perkembangan ekonomi dunia yang begitu cepat. Menurut dia, datangnya disrupsi teknologi hanya bisa dihadapi dengan melakukan perubahan sistem pendidikan yang sesuai zaman.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.