PENCARI BEASISWA WAJIB TAHU! BERIKUT BEASISWA DARI PEMERINTAH UNTUK MAHASISWA!

Setiap orang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi, namun terkendala oleh biaya pendidikan. Untuk itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengadakan beasiswa baik untuk calon mahasiswa maupun untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. 

Berikut daftar beasiswa:

1). KIP-Kuliah (Kartu Indonesia Pintar Kuliah)

Merupakan beasiswa yang ditujukan untuk calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik namun tidak mampu secara ekonomi. Beasiswa KIP-Kuliah ini mencakup biaya kuliah dan uang saku yang dibayarkan setiap bulan yang disesuaikan dengan akreditasi perguruan tinggi dan indeks harga daerah. Beasiswa ini berlaku untuk S1/D4 selama 8 semester, sedangkan untuk D3 beasiswa ini berlaku selama 6 semester. Penerima  beasiswa KIP-Kuliah akan menerima uang saku berdasarkan klaster wilayah perguruan tinggi. 

2). Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)

Merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi secara akademik yang tengah menempuh pendidikan minimal di semester 2 baik jenjang sarjana (S1) maupun diploma (D4/D3). Pendaftaran beasiswa PPA dibuka setiap awal tahun ajaran baru. Penerima beasiswa ini akan memperoleh sebesar Rp400.000/bulan atau sebesar Rp2.400.000/semester tergantung kebijakan perguruan tinggi.

3). Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek

Merupakan beasiswa untuk mahasiswa/i yang berprestasi di bidang akademik ataupun non akademik, baik di tingkat nasional maupun internasional. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa aktif maksimal semester 2 pada saat mendaftar baik untuk jenjang sarjana, magister, maupun doktoral. Cakupan dari beasiswa unggulan ini adalah biaya pendidikan dan biaya hidup setiap bulan sebesar Rp1.400.000.

4). Beasiswa LPDP

Merupakan beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin melanjutkan pendidikan S2 atau S3 baik di dalam negeri maupun luar negeri serta memiliki rencana kontribusi pasca studi untuk kemajuan Indonesia. Komponen yang diberikan adalah dana pendidikan dan dana pendukung. Dana pendidikan mencakup dana pendaftaran, dana SPP, dana tunjangan buku, dana penelitian tesis/disertasi, dana bantuan seminar internasional, dana bantuan publikasi jurnal internasional, dan dana wisuda, sedangkan dana pendukung mencakup transportasi aplikasi visa/residence permit, asuransi kesehatan, hidup bulanan, dana kedatangan, dana keadaan darurat, tunjangan keluarga, dan insentif universitas.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share