Patut Dicontoh! Kiat Belajar SBMPTN Ala si Peraih 2 Nilai UTBK Sempurna

Lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menjadi impian banyak orang. Terlebih, mendapatkan nilai yang sempurna tentu bisa menjadi kebanggan tersendiri.

Hal ini dirasakan oleh pemuda bernama Helmi Abdillah Faza atau yang akrab dipanggil Helmi. Ia berhasil mendapatkan nilai sempurna untuk mata pelajaran kimia dan nilai pengetahuan kuantitatif di UTBK SBMPTN 2021.

Dengan nilai Matematika 917,2, Fisika 450,29, Kimia 1000, dan Biologi 599,15, Helmi diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Fakultas Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK).

Helmi mengaku sempat gagal pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk fakultas yang sama di ITB hingga akhirnya ia mulai fokus belajar untuk UTBK SBMPTN sejak Maret 2021.

Helmi pun tak segan untuk menuturkan rahasianya. Selain berdoa, ia menuturkan kuncinya adalah dengan memiliki kemauan untuk berusaha seperti para pesaingnya yang lain.

Helmi juga memberikan tips kepada siswa kelas 12 untuk mempersiapkan UTBK SBMPTN :
1. Memaksimalkan waktu belajar UTBK SBMPTN dengan fokus pada materi yang banyak keluar di ujian sebelumnya. Di samping itu, Helmi mengaku dirinya sudah senang mengikuti olimpiade kimia dari kelas 10 agar makin termotivasi belajar.
2. Mengikuti tes minat dan bakat untuk lebih meyakinkan keputusan saat memilih jurusan.
3. Menentukan waktu belajar yang paling ideal dan mengatur suasana belajar yang kondusif.
4. Berlatih soal dengan sebanyak mungkin, dan dapat juga mengikuti Try Out UTBK online agar semakin paham bentuk soalnya.
5. Berdiskusi soal ujian dengan teman.
6. Dukungan support system dari teman maupun keluarga & me-time juga menjadi hal yang tak kalah penting dalam membantu mempersiapkan SBMPTN.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.