Waw! Ingin Jadi Dokter Gigi Harus Melalui Tahap Pendidikan Ini

masukkampus

Fakultas Kedokteran selalu menjadi favorit calon mahasiswa tiap tahunnya. Banyak program studi di Fakultas Kedokteran yang selalu banjir peminat tiap tahunnya.

Selain pendidikan kedokteran, program studi (prodi) lain yang juga banyak peminatnya adalah kedokteran gigi.

Hampir sama dengan prodi pendidikan kedokteran, untuk menjadi seorang dokter gigi juga harus melalui banyak tahapan dan perjuangan.

Sebelum sah menjadi seorang dokter gigi, mahasiswa yang memilih jurusan ini wajib mengikuti beberapa tahapannya.

Ada dua tahap yang harus dilalui setiap mahasiswa untuk mendapatkan gelar sebagai seorang dokter gigi yang boleh berpraktik, yaitu:

1. Sarjana
Pada tahap pertama, mahasiswa kedokteran gigi harus melewati jenjang pendidikan sarjana hingga meraih gelar Sarjana Kedokteran Gigi (S.Kg). Biasanya mahasiswa kedokteran gigi yang menyebut jenjang S1 sebagai masa preklinik dan ditempuh selama kurang lebih 4 tahun. Beberapa mata kuliah yang dipelajari di FKG antara lain:
– Ilmu kedokteran gigi dasar
– Konservasi gigi
– Endodontik
– Periodonsia
– Ilmu kedokteran gigi anak
– Orthodonsia
– Prostodonsia
– Ilmu kesehatan gigi mulut pencegahan
– Bedah mulut
– Ilmu material gigi
– Ilmu biologi oral
– Radiologi kedokteran gigi

2. Co-ass
Setelah lulus, mahasiswa kedokteran gigi harus mengikuti program profesi kedokteran gigi yang dikenal pula sebagai kepaniteraan/koasistensi atau co-ass. Pada masa co-ass, kamu akan praktik di rumah sakit atau klinik gigi.

Setelah semua tahapan selesai, mahasiswa akan menempuh serangkaian ujian. Baik itu ujian dari departemen terkait, fakultas, maupun ujian nasional. Apabila berhasil baru kamu akan resmi mendapatkan gelar dokter gigi umum (drg.).

Tak hanya berhenti disitu, mahasiswa yang sudah sah jadi dokter gigi, setelah praktik mereka diwajibkan untuk selalu memperbaharui pengetahuannya dengan mengikuti seminar-seminar untuk memperpanjang izin praktik.

Itulah tahapan pendidikan kedokteran gigi yang perlu diketahui calon mahasiswa. Setelah membaca informasi ini bisa memberikan sedikit pandangan jika akan memilih kedokteran gigi pada penerimaan mahasiswa baru di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

10 PTN Jurusan MIPA Terbaik Indonesia Versi The WUR 2022

Lembaga pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) telah merilis peringkat perguruan tinggi dunia yang diukur berdasarkan bidang keilmuan atau THE WUR by Subject 2022. Pemeringkatan bidang ilmu tersebut didasarkan atas penilaian dari lima indikator, antara lain sitasi (citations), pendapatan industri (industry income), pandangan internasional (international outlook), riset […]

Subscribe US Now