5 Keterampilan Dasar yang Wajib Dimiliki Agar dapat Kerja

masukkampus

Para HRD perusahaan yang melakukan open recruitment seringkali terpaksa harus menolak pelamar kerja yang saat itu mendaftar akibat kurangnya kapabilitas diri yang dimiliki.
.
Untuk itu, kepada generasi selanjutnya yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi maupun sedang menuntut ilmu, jangan lupa untuk mengasah keterampilan guna mempermudah kalian diterima di perusahaan yang kalian inginkan.
.
Hal – hal dasar ini terlihat simple namun pada kenyataannya, masih banyak lulusan baru (fresh graduate) yang belum memahami atau memiliki kelima keterampilan dasar bagi pelamar kerja di seluruh Indonesia.
.
Beberapa keterampilan dasar yang harus dimiliki tersebut ialah :
• literasi baca dan berhitung, kemampuan ini idealnya akan didapatkan melalui pendidikan berkualitas selama 12 tahun.
.
• Kedua, para pelamar kerja membutuhkan keterampilan yang dapat ditransfer, seperti kemampuan memecahkan masalah, membangun kepercayaan diri, kolaborasi, dan komunikasi. Keterampilan ini bisa didapatkan apabila selama masa kuliah mereka gemar menambah wawasan dengan bergabung di kepanitiaan, mengikuti perlombaan, atau sebagainya
.
• Ketiga, mereka membutuhkan keterampilan khusus pekerjaan, seperti pertukangan, coding, akuntansi, teknologi hijau, pertanian, atau teknik modern sesuai dengan pekerjaan yang dilamarnya. Hal ini biasanya berhubungan dengan jurusan yang kamu ambil.
.
• Selanjutnya, mereka semakin membutuhkan keterampilan kewirausahaan , terutama di negara-negara berpenghasilan rendah, di mana sektor informal dominan.
.
• Kelima, mereka jelas membutuhkan keterampilan digital untuk berpartisipasi dalam ekonomi global, yang didorong oleh teknologi informasi dan komunikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Anak Nakal Cenderung Sukses di Masa Depan, Apa Benar?

Sebuah penelitian kolaboratif antar Free University of Berlin (Jerman), University of Luxembourg, dan University of Illionis at Urbana-Champaign, Amerika Serikat dilakukan untuk mengamati 745 anak. Pengamatan ini dilakukan selama 42 Tahun. . . Menurut artikel yang ditulis oleh Yohanes Enggar Harususilo untuk kompas.com, Penelitian ini pertama kali dilakukan yakni tahun […]

Subscribe US Now