Nadiem Memastikan Asesmen Nasional Tidak Menambah Beban Siswa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan, penyelenggaraan Asesmen Nasional (AN) ditunda hingga bulan September 2021.

Ia juga berjanji bahwa Asesmen Nasional tidak akan membebani siswa yang mengikutinya, terkhusus kelas 4, 8, dan 11.

Selain itu, Nadiem mengungkapkan Asesmen Nasional dilakukan bukan untuk menambah beban siswa dan bukan sebagai salah satu syarat dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Melainkan, Asesmen Nasional dirancang untuk memperbaiki sistem pendidikan dasar dan menengah.

Sebagai informasi, Asesmen Nasional merupakan Asesmen Kompetensi Minimum yang terdiri dari literasi dan numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Oleh karena itu, Asesmen Nasional berguna untuk membantu sekolah memperbaiki performa layanan pendidikannya menjadi lebih baik, bukan untuk menghukum sekolah.

Nadiem menegaskan, Asesmen Nasional tetap perlu dilaksanakan. Bila tidak, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak bisa menghitung learning loss dan yang paling membutuhkan bantuan Kemendikbud.

Terakhir, ia meminta kepada sekolah dan siswa untuk tidak perlu khawatir menghadapi Asesmen Nasional, karena hal tersebut bukan indikator penentu kelulusan.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.