Nadiem Makarim Memutuskan Jadwal Asesmen Nasional Diundur September 2021

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut pemerintah memutuskan Asesmen Nasional Tahun 2021 diundur ke bulan September.

Awalnya, program pengganti Ujian Nasional (UN) itu dijadwalkan pada bulan Maret hingga Agustus 2021. Namun, Nadiem menyebut karena pandemi Covid-19, akhirnya pemerintah memutuskan untuk mengundur pelaksanaannya.

Nadiem mengatakan penundaan dilakukan agar persiapan logistik bisa lebih baik. Selain itu, Kemendikbud menanti program vaksinasi guna menjamin keselamatan guru dan peserta didik.

Dengan ada perubahan jadwal, Kemendikbud akan melakukan simulasi Asesmen Nasional terlebih dahulu. Simulasi digelar pada April-Agustus 2021.

Ia juga mengatakan pengembangan teknis Asesmen Nasional akan dilakukan oleh berbagai macam pakar nasional dan internasional dengan latar belakang peneliti dan akademisi.

Tegasnya, pelaksanaan ujian ini akan tetap berlangsung tahun ini, karena bagaimana pun Kemendikbud harus menyiapkan agar pelaksanaannya dapat lebih baik.

Sebagai informasi, salah satu perbedaan Asesmen Nasional dengan UN adalah keluaran yang dihasilkan. Asesmen Nasional tidak lagi mengukur kemampuan siswa, melainkan untuk pemetaan keberhasilan pendidikan secara nasional.

Terakhir, ia mengatakan Asesmen Nasional akan dilakukan pada sebagian siswa kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak di setiap sekolah dan madrasah.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.