Merapat! Beasiswa Non-Gelar Hadir Bagi Guru SMK dan Dosen Vokasi

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah berkolaborasi untuk memperluas ruang lingkup dan sasaran dari program-program yang dijalankan oleh LPDP. Salah satu bentuk perluasan beasiswa LPDP yang diluncurkan pada Merdeka Belajar episode kesepuluh adalah beasiswa non-gelar untuk para pendidik vokasi.

Program ini berupa beasiswa untuk membiayai kegiatan peningkatan kapasitas para guru SMK atau dosen vokasi di luar kampus. Seperti sertifikasi, magang, pelatihan dan penguatan riset dan riset-riset keilmuan dosen vokasi. Program ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2021 dan akan dilanjutkan pada tahun 2022.

Menurut Ince Dian Aprilyani Azir sebagai salah satu penerima manfaat beasiswa non-gelar sekaligus merupakan Dosen Politeknik Negeri Media Kreatif, mengatakan bahwa mengikuti program ini memberikan keuntungan bagi dirinya misalnya dalam mempercepat link and match antara dunia kampus dengan dunia industri supaya lebih riil, nyata dan cepat.

Ia menyatakan ketertarikannya untuk mengikuti program ini yaitu karena ingin menjadi agen akselerator. Selain itu, adanya program ini juga memberikan bukti nyata bukan hanya sekadar teori. Lebih lanjut mengenai program magang industri yang dijalaninya mendorong percepatan kerjasama antara kampus dengan industri sesuai indikator kinerja perguruan tinggi.

Program magang di industri ini juga melibatkan praktisi industri tempat magang Ince untuk menjadi narasumber dalam kuliah umum, webinar, hingga membuka jalan atau peluang dalam menyelenggarakan lokakarya (workshop) civitas akademika Politeknik Negeri Media Kreatif ke industri tempat magangnya.

Ince menambahkan, program magang yang dijalaninya juga mendorong percepatan yang terkait dengan tugas-tugas utamanya melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi. Ia mengatakan, dalam kurun waktu tiga bulan magang, ia telah menghasilkan empat luaran (output).

Terakhir, ia pun juga berhasil dalam menerbitkan artikel terkait pengabdian masyarakat yang terbit di jurnal internasional terindeks. Ince mengakui bahwa ketika dia hanya berkutat dengan menjadi dosen di kampus saja tidak akan bisa menghasilkan prestasi sebanyak dan secepat itu.

Untuk itu, ia berpesan kepada rekan-rekan sesama dosen agar aktif mencari informasi dan tidak menunggu sosialisasi dari kampus atau pihak lain.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.