Menarik! Gladiators Wajib Tau UNS Tambah 2 Fakultas Baru

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi menambah dua fakultas baru. Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menjelaskan kedua fakultas tersebut adalah Fakultas Psikologi dan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data.

Keputusan resmi pembukaan Fakultas Psikologi UNS tertuang dalam SK Rektor No. 319/UN27/HK/2022. Sedangkan keputusan resmi pembukaan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS tertuang dalam SK Rektor No. 320/UN27/HK/2022. Kedua Surat Keputusan (SK) Rektor UNS tersebut diterbitkan tertanggal 11 Maret 2022.

Awalnya prodi Psikologi memang sudah ada, namun kini sudah berkembang menjadi Fakultas Psikologi. UNS berharap agar hal ini kedepannya jauh lebih baik lagi. Prof. Jamal menlai Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS sebagai fakultas yang futuristik. Kehadiran fakultas ii jua sesuai dengan era disrupsi dan revolusi industri 4.0 seperti sekarang.

Pembukaan dua fakultas ini melalui proses yang berbeda, mengingat status UNS yang menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Seperti yang dijelaskan oleh Prof. Jamal, prosesnya itu diawali dengan mengajukan ke rektor kepada Senat Akademik dan ditelaah oleh Senak Akademik. Setelah itu direkomendasikan oleh Senat Akademik untuk bisa dibuka kedua fakultas tersebut.

Lebih lanjut, Prof. Jamal mengatakan bahwa tidak berencana akan ada dekan baru untuk fakultas-fakultas tersebut. Hal ini didasarkan pada status PTN-BH yang disandang UNS sehingga lebih ramping nantinya jika secara struktural tetapi tetap memiliki fungsi yang kaya.

Berkaitan dengan hal ini, nantinya Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, kedua fakultas ini akan memberikan penambahan kuota mahasiswa untuk keseluruhan jalur. Untuk kuota mahasiswa Fakultas Psikologi UNS meningkat dari 150 menjadi 250 orang. Sedangkan untuk kuota mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS meningkat dari 80 menjadi 100 orang.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share