Wow! Lulusan D4 bisa Melanjutkan Kuliah S2 di Luar Negeri

masukkampus

Pendidikan Vokasi saat ini sedang banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Sebagaimana pemerintah selalu berupaya mendorong terciptanya kualitas pendidikan vokasi yang terbaik.

Tak hanya itu, mahasiswa lulusan vokasi dituntut untuk memiliki skill yang lebih, sehingga ketika masuk dunia kerja, lulusan vokasi lebih mudah beradaptasi dan dapat menerapkan skill yang telah mereka pelajari.

Bobot pembelajaran dari pendidikan vokasi tentunya berbeda dengan S1. Pendidikan vokasi menerapkan 60% – 70% praktik dan 30% – 40% teori.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto mendorong lulusan D3 dapat ditingkatkan menjadi sarjana terapan dalam pendidikan vokasi. Karena hal ini sangat penting demi terciptanya kualitas pendidikan yang terbaik.

Ia mengatakan siswa pendidikan vokasi lulusan D4 atau sarjana terapan tidak perlu khawatir apabila ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, karena lulusan D4 bisa langsung melanjutkan S2 terapan di dalam negeri maupun luar negeri.

Lanjutnya, inovasi yang ingin dicapai adalah bagaimana hubungan antara pendidikan vokasi dan dunia kerja bisa berjalan dengan baik.

Adapun upaya yang telah dilakukan oleh Kemendikbud adalah melakukan MoU antara dunia vokasi dan industri dengan cara link and match.

Terakhir ia mengatakan, mahasiswa vokasi harus mencintai proses belajar. Karena lulusan vokasi dituntut untuk menerima tantangan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Nilai Rapor Menjadi Penentu Kelulusan Siswa Tahun 2021

Ujian Nasional (UN) , Ujian Kesetaraan dan Ujian Akhir Semester (UAS) secara resmi ditiadakan di tahun 2021. Kemendikbud beralasan, bahwa karena penyebaran virus Covid-19 yang semakin meningkat. Hal ini tertulis dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 yang juga ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem […]

Subscribe US Now