Wow! Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang Menggunakan Nilai Raport Gladiators Wajib Tahu

masukkampus

Ada banyak jalur penerimaan mahasiswa baru yang dapat ditempuh di tahun 2022. Jalur ini dapat dipilih untuk bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Politeknik Negeri (PN) serta Sekolah Kedinasan.

Jalur tersebut menggunakan nilai rapor sebagai salah satu poin penilaian dalam penerimaan mahasiswa baru. Berikut jalur penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan nilai rapor:

1. SNMPTN
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio peserta.

Jalur ini terbuka untuk jenjang D4-S1 baik dari PTN maupun Politeknik.

2. SNMPN
Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Mulai 2021, SNMPN diperuntukkan bagi jenjang pendidikan Diploma 3 saja. Sedangkan untuk Sarjana Terapan atau Diploma 4 dimasukkan ke jalur SNMPTN oleh LTMPT.

3. SPAN PTKIN
Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

4. Sekolah Kedinasan
Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam Portal SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 menjelaskan bahwa sekolah kedinasan merupakan kumpulan perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan berbagai lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan.

Alasan mengapa Sekolah Kedinasan memiliki keketatan masuk yang hampir sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), salah satunya adanya ikatan dinas yang diberikan oleh kementerian dan lembaga pemerintah.

5. Jalur Mandiri PTN
Jalur mandiri di beberapa PTN juga membuka seleksi jalur rapor, di samping menggunakan nilai UTBK SBMPTN.

Apakah kamu sudah mempersiapkan nilai terbaik rapor mu Glads?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mahasiswi UNRI Diduga Menjadi Korban Pelecehan Seksual Oleh Dosen Pembimbing?

Kasus dugaan pelecehan seksual menimpa mahasiswi di Universitas Riau (Unri) angkatan 2018 tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Pasalnya, mahasiswi yang berasal dari jurusan hubungan internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mengaku dirinya telah mengalami pelecehan seksual oleh seorang dosen saat melakukan bimbingan skripsi di ruangan sang […]

Subscribe US Now