Wow! 29.904 Peserta KIP-Kuliah Dinyatakan Lulus SNMPTN Tahun 2021

masukkampus

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyebut, sebanyak 29.904 peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah berhasil diterima pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021.

Ketua LTMPT, Prof. Mohamad. Nasih mengatakan, tahun 2021 jumlah pendaftar KIP-Kuliah dari jalur SNMPTN sebesar 134.134.

Ia juga menjelaskan, bahwa peserta KIP-Kuliah dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Pada tahun 2020, sebanyak 25.398 peserta KIP-Kuliah yang diterima di SNMPTN. Jumlah tersebut berasal dari total pendaftar KIP-Kuliah yang berjumlah 95.346 siswa.

Namun, ia menilai, jumlah peserta KIP Kuliah yang diterima SNMPTN 2021 cukup besar. Hal ini mengindikasikan pemegang KIP-Kuliah adalah anak-anak yang cerdas di sekolahnya.

Sebagai informasi, mulai tahun 2021 bantuan biaya pendidikan KIP-Kuliah bisa mencapai Rp 12 juta per semester.

Tak hanya itu, bantuan biaya hidup juga meningkat dan disesuaikan dengan indeks harga suatu daerah di mana mahasiswa penerima KIP-Kuliah berkuliah.

Dengan perubahan skema KIP-Kuliah pada 2021, Nadiem berharap program ini tak hanya memberikan kesempatan bagi siswa untuk menggapai pendidikan tinggi, namun juga menjadi langkah untuk memperbaiki kondisi ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Nadiem: Indonesia Akan Tertinggal Jika Menunda Sekolah Tatap Muka

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan Indonesia bisa semakin tertinggal jika tidak secepatnya memulai pembelajaran tatap muka (PTM). Ia mengatakan dari seluruh negara di Asia Timur dan Pasifik, Indonesia adalah satu dari empat negara yang belum memulai PTM secara penuh, sementara 23 negara lainnya, 85% sudah mulai. […]

Subscribe US Now