UTBK dan SBMPTN? Apakah Perbedaan Keduanya?

masukkampus 3

Mungkin masih banyak yang belum memahami apakah sebenarnya perbedaan dari UTBK dan SBMPTN. Seja akhir bulan Desember 2018, banyak yang menanyakan perihal kedua hal tersebut sampai saat ini.
Untuk kamu yang memang belum mengetahui atau ternyata belum terlalu jelas memahami keduanya, admin akan jelaskan perbedaan UTBK dan SBMPTN ini secara rinci.
.
.
Seperti yang kita ketahui bahwa SBMPTN merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru melalui tes yang dilakukan untuk menyeleksi kapabilitas peserta. Untuk tahun sebelumnya, SBMPTN dilakukan berbasis Cetak serta UTBK via Dekstop dan Android namun untuk tahun ini jalur SBMPTN full UTBK berbasis komputer.
.
.
Selain hal tersebut, terdapat pemisahan fungsi dari SBMPTN dan UTBK itu sendiri. Jika sebelumnya kita mengenal SBMPTN sebagai seleksi masuk perguruan tinggi, tahun ini seleksi masuk perguruan tinggi tersebut dinamakan UTBK.
.
.
Setelah melakukan UTBK barulah siswa akan menggunakan nilai yang mereka dapatkan untuk mendaftar SBMPTN. Jadi, SBMPTN merupakan proses pendaftaran peserta dan penyeleksiannya bukan proses ujiannya.
.
.
Melihat hal ini, dapat disimpulkan bahwa keduanya tergabung dalam satu jalur seleksi yakni SBMPTN. Namun, dalam pelaksanaan SBMPTN itu sendiri peserta harus melakukan UTBK terlebih dahulu barulah kemudian menggunakan nilai hasil UTBK untuk mendaftar SBMPTN. Jika dipandang dari sisi positif, sistem yang baru dapat menguntungkan karena peserta dapat memilih prodi sesuai nilai yang mereka dapat.
.
.
Bagaimana, masih bingungkah akan perbedaan keduanya ? tuliskan pertanyaan kamu di kolom komentar y ajika masih bingung. Jangan lupa tag teman kamu juga untuk berbagi informasi ini. Cheerio !

3 thoughts on “UTBK dan SBMPTN? Apakah Perbedaan Keduanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jurusan Sepi Peminat namun Mampu Membuatmu Suskes di Masa Depan

Ketika harus memilih akan berkuliah dimana, seringkali calon mahasiswa merasa kebingungan untuk menentukan Jurusan yang sesuai dengan mereka. Tak sedikit juga ingin mencari jurusan dengan tingkat keketatan yang lebih longgar namun tetap memiliki peluang kerja yang baik. Jika kamu merupakan salah satu yang berniat melakukan hal serupa, maka berikut masukkampus_news […]

Subscribe US Now