Syarat SIMAK UI 2021 Berubah, Siswa Diwajibkan Mengikuti Tes!

masukkampus

SIMAK UI tahun 2021 akan diadakan kembali pada tahun ini. Sebelumnya pada sosialisasi SBMPTN Info Day yang disiarkan secara streaming melalui akun Youtube Universitas Indonesia, Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru UI, Dr. Gunawan, ST., MT., mengatakan bahwa pada pelaksanaan SIMAK UI 2021 tidak ada tes seleksi masuk bagi calon mahasiswa yang mengikuti ujian seleksi jalur S1 Reguler.

Namun hal tersebut telah berubah kembali, dilansir dari laman simak.ui.ac.id, yang mana UI akan kembali menggelar ujian SIMAK UI untuk S1 Reguler secara online tahun 2021.

Simak UI sendiri merupakan salah satu jalur seleksi untuk bisa masuk ke Universitas Indonesia selain jalur SNMPTN dan SBMPTN. Dan setiap tahunnya, keketatan SIMAK UI selalu meningkat.

Salah satu syarat yang diperbolehkan untuk mengikuti SIMAK UI S1 Reguler adalah siswa lulusan tahun 2021, 2020 dan 2019.

Dalam artian lulusan maksimal 3 tahun terakhir. Selain itu, untuk calon mahasiswa yang memilih jalur SIMAK UI paralel tidak ada batasan usia yang ditetapkan.

Selain mengikuti tes, pendaftar SIMAK UI S1 Reguler tahun 2021 harus melampirkan nilai UTBK 2021. Artinya, peserta yang ingin masuk UI harus ikut UTBK terlebih dahulu.

Adapun syaratnya adalah pendaftar S1 Reguler rumpun Soshum memerlukan nilai UTBK Soshum dan pendaftar S1 Reguler rumpun Saintek memerlukan nilai UTBK Saintek.

Sebagai informasi, pelaksanaan SIMAK UI akan digelar pada tanggal 19-21 Juni 2021, dan pengumuman pada tanggal 30 Juni 2021.

Terakhir, Dr. Gunawan mengatakan bahwa untuk jadwal pelaksanaan ini sewaktu-waktu dapat berubah melihat pelaksanaan dari UTBK-SBMPTN 2021 terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Berikut Kampus dengan Penerima KIP-Kuliah Terbanyak di SNMPTN 2021

Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) untuk program SNMPTN 2021, telah resmi berakhir. Dalam SNMPTN 2021, selain siswa yang mendaftar dari jalur reguler, ada juga siswa yang mendaftar melalui jalur KIP-Kuliah. Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Nasih menjelaskan, bahwa jumlah peserta KIP-Kuliah SNMPTN 2021 sebanyak 134.134 pendaftar. Sedangkan jumlah […]

Subscribe US Now