Siswa Tidak Dianjurkan Lintas Jurusan Pada SNMPTN 2021

masukkampus 2

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak menganjurkan siswa memilih lintas program studi (prodi) atau jurusan dalam Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri (PTN) 2021. Karena ada kebijakan baru yang dilakukan dalam penilaian SNMPTN tahun 2021. 

Ketua Pelaksana LTMPT Prof. Budi Widyobroto mengatakan, pada prinsipnya setiap siswa bisa memilih dua prodi. Baik itu prodi yang ada disatu PTN maupun dua PTN. Tapi yang perlu menjadi catatan adalah khusus SNMPTN apabila siswa memilih dua pilihan (baik prodi sama maupun tidak), maka salah satunya harus berada di provinsi asal SMA. Hal ini berbeda dengan SBMPTN, yang mana bisa memilih dimana saja.

Prof. Budi mencontohkan, jika siswa berasal dari Makassar, maka harus mengambil salah satu prodi pada perguruan tinggi yang ada di Makassar. begitu pula dengan siswa yang berasal dari daerah lain.

Lanjutnya, siswa yang ingin lintas jurusan di SNMPTN sangat tidak dianjurkan, karena ada beberapa universitas yang tidak mengizinkan hal tersebut, salah satunya Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Apabila siswa ingin mengambil lintas jurusan bisa dilakukan saat pendaftaran di UTBK-SBMPTN.

Terakhir Prof. Budi menambahkan , bagi siswa yang telah diterima melalui jalur SNMPTN, tidak diizinkan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Masuk Bersama PTN (UTBK-SBMPTN). Oleh karena itu, ia menganjurkan agar siswa betul-betul memilih jurusan yang memang benar-benar diminati saat SNMPTN.

2 thoughts on “Siswa Tidak Dianjurkan Lintas Jurusan Pada SNMPTN 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Varian Virus Baru Corona Muncul, Satgas IDI Meminta Sekolah Tatap Muka Ditunda

Pemerintah Indonesia melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia telah mengizinkan untuk membuka sekolah, dengan catatat mendapat surat rekomendasi dari pemerintah daerah dan satuan tugas. Namun sepertinya, rencana tersebut terpaksa mengalami penundaan akibat munculnya varian […]

Subscribe US Now