Lulusan SMK Bisa Masuk PTN Lewat Jalur Apa Aja Ya?

masukkampus

Lulusan SMK disiapkan untuk terjun langsung ke dunia kerja karena para siswa dibekali dengan keahlian khusus baik secara teori, maupun praktik.

Namun, tak sedikit lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN).

Berikut beberapa jalur masuk dengan peluang besar diterima bagi lulusan SMK di sebuah PTN:

1. SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri)
Di tahun 2021, SNMPN hanya diperuntukkan peserta yang ingin mendaftar ke jenjang studi Vokasi atau D3.

Sedangkan untuk jenjang D4/S1 Terapan bisa mendaftar melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang diselenggarakan LTMPT.

Politeknik Negeri sangat cocok bagi para lulusan SMK karena hampir sama dengan apa yang diajarkan di SMK yakni terdiri dari 60% praktik dan 40% materi.

2. USMI IPB
Jalur ini merupakan seleksi nilai rapor tanpa harus melakukan tes tulis. Jalur penerimaan D3 ini bisa menjadi altetnatif bagi lulusan SMK.

Jalur seleksi ini biasa disebut jalur seleksi rapor atau undangan. Pasalnya, Sekolah Vokasi IPB University yang mengundang sekolah untuk mengirimkan siswa terbaiknya untuk bergabung ke Sekolah Vokasi IPB University.

3. PPKB UI S1 Paralel dan Vokasi UI
Lulusan SMK dapat mengajukan pendaftaran ke PPKB Vokasi atau untuk jenjang D3 UI. PPKB terdiri atas S1 Paralel dan Vokasi, khusus untuk SMK hanya bisa mendaftar Vokasi.

PPKB adalah jalur penerimaan UI untuk jenjang vokasi dan S1 Paralel ditujukan kepada siswa yang diusulkan oleh sekolah tertentu. Proses seleksi PPKB dilakukan berdasarkan performance sekolah (prestasi alumninya di UI) dan kuota dari masing-masing program studi.

4. PBUSMAK Khusus Sarjana Terapan Sekolah Vokasi
Dikutip dari laman resmi um.ugm.ac.id, seleksi ini merupakan seleksi bagi lulusan SMA/SMK/MA melalui seleksi prestasi sebagai upaya untuk menjaring calon mahasiswa UGM yang memiliki kemampuan akademik, keterampilan dan prestasi pribadi yang telah dicapai di sekolah.

5. SPAN PTKIN

Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Passing Grade UNDIP, Jurusan Mana Yang Paling Ketat?

Universitas Diponegoro (Undip) sebagai salah satu universitas favorit di Indonesia, khususnya daerah Jawa Tengah, Undip memiliki jumlah peminat yang tinggi. Informasi terkait passing grade tiap-tiap prodi di Undip untuk dijadikan sebagai tolak ukur setiap calon mahasiswa. Mengutip buku Siap Tempur SBMPTN Saintek 2016, passing grade adalah nilai ambang batas yang […]

Subscribe US Now