LTMPT: Jumlah Siswa Eligible SNMPTN 2021 Meningkat 25% Dari Tahun Lalu

masukkampus

Finalisasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sesuai dengan data siswa yang eligibel pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah ditutup pada 10 Februari 2021. Hingga proses pendataan ditutup, sekitar 831.881 siswa dinyatakan eligible.

Dari jumlah tersebut, siswa elgible mengalami peningkatan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Prof. Budi Widyobroto.

Prof. Budi menjelaskan bahwa jumlah siswa eligible tahun ini mengalami peningkatan dari tahun lalu sebesar 25%. Seperti yang diketahui, siswa eligible berhak untuk mengikuti SNMPTN tahun 2021.

Namun, dia juga mengatakan, belum tentu peserta yang dinyatakan eligible tersebut dapat langsung lulus di SNMPTN, ada proses seleksi kembali pada saat pendaftaran.

Ia menuturkan, kuota SNMPTN tahun ini diperkirakan mencapai 153 ribu yang akan memperebutkan kursi, tidak hanya di perguruan tinggi negeri, namun saat ini ada penambahkan 40 politeknik negeri, sekolah tinggi dan institut yang membuka program studi diploma 4 (D4).

Lanjutnya, sistem pnerimaan SNMPTN dan SBMPTN ini berbeda, yang mana siswa tidak hanya bisa memilih jenjang S1, namun siswa juga dapat memilih jenjang D4 di politeknik atau perguruan tinggi negeri yang telah bergabung.

Selain itu, ia juga menjelaskan untuk sistem SNMPTN siswa bisa memilih dua pilihan, hanya saja salah satunya harus berada di provinsi asal SMA. Jika siswa hanya memilih satu pilihan, bisa bebas memilih dimana saja.

Selain itu, pengumuman Hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021. Sedangkan pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN dapat dilihat di laman PTN masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Masih Bingung Soal UTBK SBMPTN Gimana? Yuk Ikutan TO Online Part 17 UTBK TPS + TKA MasukKampus !!!

Holla! Gladiators..!UTBK SBMPTN sebentar lagi nih, gimana persiapan kamu ? Jangan sampe lengah dan ketinggalan satu langkah dari teman-temanmu yaa šŸ„³.Caranya gimana supaya gak ketinggalan ?Ini dia yang ditunggu-tunggu oleh kalian semua SUDAH DIBUKA… šŸ„³.Yuk, ikutan TO UTBK TPS + TKA 2021 Part 17. Try Out Termurah dan Terpercaya persembahanĀ @masukkampusĀ dengan […]

Subscribe US Now