Kuota SNMPTN UNPAD 20%, Berikut Prestasi Yang Akan Dipertimbangkan

Airul Septian

Universitas Padjadjaran (Unpad) menyediakan kuota 20 persen untuk penerimaan mahasiswa baru S1 dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Selain daya tampung 20 persen jalur SNMPTN, UNPAD rencananya mengalokasikan 40 persen mahasiswa dari jalur SBMPTN dan 40 persen hasil Seleksi Mandiri.

Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, Dandi Supriandi mengatakan, pendaftar bisa menyiapkan sertifikat prestasi selain rapor untuk seleksi prestasi akademik siswa selama sekolah.

Lanjutnya, prestasi yang menjadi pertimbangan UNPAD dari jalur mandiri ialah prestasi dari kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beberapa contohnya adalah Olimpiade Sains tingkat provinsi, nasional atau internasional yang meliputi bidang Matematika, Kebumian, Fisika, Geografi, Kimia, Informatika atau Komputer, Biologi, Astronomi, dan Ekonomi.

Selain itu prestasi di festival dan lomba seni siswa tingkat provinsi atau nasional, olimpiade penelitian siswa Indonesia, Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI), Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI), lomba debat nasional, kompetisi olahraga siswa nasional, dan penghafal kitab suci.

Terakhir, ia mengatakan siswa tidak perlu khawatir di jalur SNMPTN, pasalnya UNPAD tidak mengalokasikan sertifikat prestasi non-akademik di SNMPTN melainkan di jalur ketiga, yaitu Seleksi Mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tiga Jalur Di UI Tawarkan Penyesuaian Biaya Pendidikan

Universitas Indonesia (UI) memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengajukan beasiswa dan penyesuaian uang kuliah sesuai dengan kemampuan finansial orangtua maupun wali. Mahasiswa baru yang diterima melalui Program S1 Reguler dapat mengajukan beasiswa dan skema Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan (BOP-B). Sebagai informasi, BOP-B merupakan penyesuaian biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan […]

Subscribe US Now