Kabar Gembira! ITS Buka Jalur Seleksi Untuk Peserta UTBK Yang Gagal

masukkampus

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali sosialisasikan jalur masuk program sarjana (S1) dan sarjana terapan (vokasi) melalui jalur Seleksi Kemitraan, Mandiri dan Prestasi (SKMP). Jalur masuk ini juga disiapkan ITS untuk peserta yang gagal UTBK SBMPTN 2021.

Direktur Pendidikan ITS Siti Machmudah mengatakan Jalur SKMP ini, merupakan jalur terakhir setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Lanjutnya, SKMP ditujukan untuk memberi kesempatan pada para siswa yang masih memiliki nilai UTBK rendah atau gagal masuk ITS lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Seleksi ini dapat diikuti oleh siswa dari lulusan SMA, SMK, maupun MA dengan mengikuti seleksi UTBK atau TKA ITS secara daring, menyertakan nilai rapor, dan deskripsi diri serta portofolio untuk prodi tertentu.

Sementara, prestasi yang didaftarkan bisa berupa olahraga, olimpiade sains, karya tulis ilmiah, seni, organisasi (ketua OSIS), dan hafidz dengan melampirkan sertifikat yang mendukung prestasi tersebut. Prestasi yang diperoleh minimal harus didapatkan semasa masih di jenjang pendidikan SMA atau sederajatnya.

Lebih lanjut, untuk jalur prestasi ini, ITS siap mewadahi siswa berprestasi yang akan diakomodasi dengan keistimewaan khusus. Yaitu, untuk mahasiswa jalur prestasi hanya perlu membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) tanpa perlu membayar biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Wow! Universitas Ini Menjadi Kampus Terbaik di Indonesia Versi SIR Tahun 2021

Sejumlah seleksi masuk perguruan tinggi negeri sudah dilaksanakan. Untuk kamu yang belum diterima di universitas negeri atau yang masih menunggu pengumuman hasil seleksi, tak perlu khawatir. Masih banyak universitas terbaik di Indonesia yang bisa jadi pilihan melanjutkan pendidikanmu. Dilansir dari Scimago Institutions Rankings (SIR), bahwa Universitas di Indonesia mendapatkan peringkat […]

Subscribe US Now