Ini Dia Pertimbangan Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Salah Ambil

masukkampus

Pilihan kuliah tak selalu menentukan nasib karier. Ada juga orang yang menjalani pekerjaan tak sejalan dengan bidang yang didalami ketika di bangku pendidikan tinggi. Berikut 7 hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah.
.
Pertama minat dan hobi, memilih jurusan kuliah yang sesuai minat membuatmu menjalani perkuliahan dengan senang. Tugas kuliah menumpuk tak terasa sebagai beban bila kamu tertarik menjalaninya.
.
Kedua kenali potensi diri, setiap orang memiliki keunggulannya masing-masing agar memilih jurusan kuliah sesuai dengan potensi diri. Misalnya ketika kamu tertarik pada disiplin ilmu tertentu dan merasa kamu ditakdirkan untuk itu.
.
Ketiga pertimbangkan peluang karier sebelum memilih jurusan kuliah, tentu setiap orang menginginkan jurusan dengan karier dan penghasilan menjanjikan di masa depan. Hal tersebut sama sekali tak salah. Namun sesuai atau tidak dengan lingkungan sosial, banyak membutuhkan SDM atau tidak. Pastikan jurusan yang dipilih memiliki peluang karir yang luas dan menjanjikan di masa mendatang.
.
Keempat sesuaikan jurusan dengan keunggulan universitas, semua universitas memiliki jurusan tertentu yang diunggulkan. Jika sudah memiliki incaran universitas, perhatikan bidang atau jurusan yang unggul di universitas tersebut.
.
Kelima sesuaikan dengan kemampuan finansial, setiap jurusan kuliah membutuhkan pengeluaran dana berbeda-beda. Agar tidak kelabakan perihal dana kuliah, lakukan penghitungan matang sebelum memilih jurusan kuliah.
.
Keenam personality test, tes kepribadian bisa membantu menganalisis minat, nilai-nilai, karakter, kelebihan, kekurangan, hingga skala kemampuanmu dalam bidang seni atau sosial, serta dalam hal menginvestigasi dan menginterpretasi suatu hal.
.
Terakhir minta pendapat dari orang-orang terdekat, pendapat orang lain juga penting menjadi pertimbangan untuk melihat diri kamu dari kacamata yang berbeda. Siapa tahu, mereka memiliki pandangan dan arahan lain yang bisa menambah referensi untuk memilih jurusan yang cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sempat Salah Pilih Jurusan, Wanita Cantik ini Sukses Jadi Diplomat

Cantik, muda dan berbakat, sepertinya ketiga hal ini melekat pada sosok diplomat muda Dias Kinanthi. Gadis jelita ini merupakan adik kandung penyanyi Andien Aisyah..Ia adalah pemegang gelar master dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) pada 2016. Dias awalnya masuk Fakultas Kedokteran UI..Namun ia merasa tidak cocok […]

Subscribe US Now