Hati-Hati! Salah Unggah Foto, Bisa Gagal Di SNMPTN Dan SBMPTN 2021

masukkampus 18

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Nasih meminta peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) agar benar-benar memperhatikan foto yang digunakan untuk pendaftaran. Sebab, kesalahan foto bisa menyebabkan peserta gagal mendaftar.

Ia mengatakan foto diri yang harus dilengkapi harus foto dari depan dan sesuai aturan yang ditetapkan. Karena pihaknya menemukan ada peserta yang tidak fokus dan tidak niat mengunggah fotonya pada tahun lalu.

Lanjutnya, siswa juga ada terkesan main-main dengan mengirim foto selfie, foto bersama pacar, foto kucingnya, foto keluarga, hingga dari foto belakang.  

Prof. Nasih menegaskan bahwa peserta yang tidak melengkapi foto diri dengan baik, maka peluang masuk PTN kecil karena tidak diproses oleh LTMPT hanya gara-gara salah upload foto.

Ia juga meminta agar sekolah untuk memperhatikan ketentuan ini agar siswanya tidak gagal dalam seleksi SNMPTN dan SBMPTN.

Selain itu, LTMPT juga mengingatkan, agar saat pembuatan akun siswa dan sekolah harus menyelesaikan proses secara tuntas dan jangan sampai ada data yang tidak sinkron.

Bagi siswa maupun sekolah yang menemui kendala, berikanlah komplain pada LTMPT sedari awal. Jika terlambat, LTMPT tidak bisa menerima komplain karena proses sudah tutup dan tidak memungkinkan adanya perbaikan.

18 thoughts on “Hati-Hati! Salah Unggah Foto, Bisa Gagal Di SNMPTN Dan SBMPTN 2021

    1. Saya juga sudah mengikuti ketentuan untuk mengingga foto sudah dinyatakan dapat diungga tapi pada saat saya mau simpan fotonya tidak ada foto yang diungga katanya

  1. Saya sudah mengupload foto dan sudah saya simpan permanen. padahal waktu unggah foto sudah saya crop dan simpan, namun pada hasil akhirnya hasil foto masih tetap ukuran 4×6 apakah itu berpengaruh bagi snm/sbm? help mee saya sangat bingung sekali

  2. Saya dengar past foto harus menggunakan cameranya belakang dan harus fokus, sedangkan saya menggunakan camera depan dengan mode cermin. Apakah bermasalah?
    Dan alamat (Jln) salah. Dan akunya sudah simpan permanen.

  3. Kak foto akun ltmpt saya buram. Jadi bagaimana ya? Padahal saat mengupload foto saat pembuatan akun fotonya jelas.

  4. Kak aku tdk bisa menyimpan foto setelah di upload trus disesuaiin tetapi tidak bisa tersimpan dan setelah klik selajutnya fotonya tdk muncul di laman terakhir verifikasi data

  5. mengapa foto yang saya upload menjadi buram ya? padahal saya sudah memenuhi ketentuan seperti ukuran, rasio, maupun ukuran minimal kb. tolong dijawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ini Dia Mata Pelajaran Yang Dijadikan Untuk Pemeringkatan Siswa Eligible Di SNMPTN 2021

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi mengeluarkan panduan mengenai pendaftaran SNMPTN maupun UTBK-SBMPTN. Namun ada hal yang berbeda dari ketentuan SNMPTN dari tahun kemarin, yang mana SNMPTN tahun ini diserahkan langsung ke sekolah untuk pemeringkatan siswa yang akan dinyatakan lulus kuota pemeringkatan dari sekolah. Prof. Nasih selaku ketua LTMPT […]

Subscribe US Now