Catat! Ini Dia Ilmu dan Skill Yang Kamu Dapat Ketika Masuk Jurusan Psikologi

Airul Septian

Jurusan psikologi adalah jurusan yang memiliki banyak prospek kerja. Selain menjadi psikolog, bisa juga menjadi HRD di sebuah perusahaan, pendamping dan terapis anak berkebutuhan khusus, trainer, dan lainnya.

Bagi kamu yang berminat masuk jurusan ini, wajib tahu 5 ilmu maupun skill apa saja yang didapatkan oleh mahasiswa jurusan psikologi.

  1. Mendapatkan ilmu mengenai perilaku dan kepribadian seseorang

Secara umum, psikologi salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Seseorang yang melakukan praktik psikologis disebut sebagai psikolog.

Dari semester satu sampai dua mahasiswa jurusan ini akan mendapat banyak mendapat mata kuliah seputar sejarah psikologi, tokoh-tokoh psikologi, aliran-aliran psikologi, stuktur dan tipe-tipe kepribadian. Termasuk didalamnya diajarkan mengenai perkembangan manusia dari berbagai aspek, seperti aspek emosi, motorik, dan sosial, dari saat manusia lahir sampai lansia. 

2.Belajar melakukan asesmen atau penilaian terhadap orang lain

Dalam psikologi terdapat istilah psikodiagnostik, yang mana psikodiagnostik adalah melakukan penilaian kecenderungan psikologis seseorang, seperti kecenderungan kepribadian, kelemahan, dan potensi yang dimiliki. Biasanya dalam dunia kerja, profesi HR harus menguasai hal tersebut, sehingga bisa menilai calon pekerja.

3.Dapat memahami diri sendiri

Selain dapat memahami perilaku orang lain dan melihatnya dari berbagai perspektif, dengan mempelajari psikologi, kamu dapat lebih memahami diri sendiri.  Kamu juga bisa menggali, mengenali san mengetahui potensi diri sendiri dari aktivitas yang sering dilakukan. 

4.Belajar alat-alat tes psikologi bakat dan minat

Selain alat tes kecerdasan dan kepribadian, kamu juga belajar menguasai alat tes bakat minat. Sebagai catatan, setelah lulus, mahasiswa jurusan ini memiliki kemampuan psikologi untuk melakukan instruksi dan pemberian skor alat tes psikologi, baik tes kecerdasan, kepribadian, dan bakat minat.

5.Belajar membuat pelatihan psikologi

Selain mengetahui minat dan bakat, kamu juga akan mendapatkan ilmu dan skill mengenai pelatihan psikologi yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Di jurusan ini kamu akan dituntut untuk belajar merancang suatu pelatihan atau training yang nantinya bisa kamu gunakan untuk belajar menjadi pembicara atau trainer.  Kemampuan ini penting dimiliki, karena akan melatih kemampuan public speaking kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UTBK Sudah Di Depan Mata! Yuk Ikutan TO Online Part 18 TPS+TKA MasukKampus

Holla! Gladiators..!UTBK SBMPTN sebentar lagi nih, gimana persiapan kamu ? Jangan sampe lengah dan ketinggalan satu langkah dari teman-temanmu yaa 🥳.Caranya gimana supaya gak ketinggalan ?Ini dia yang ditunggu-tunggu oleh kalian semua SUDAH DIBUKA… 🥳.Yuk, ikutan TO UTBK TPS + TKA 2021 Part 18. Try Out Termurah dan Terpercaya persembahan […]

Subscribe US Now