Lulusan SNMPTN Diminta Komitmen Untuk Kuliah Sampai Lulus

Siswa yang telah lolos di SNMPTN 2021 diminta berkomitmen untuk menyelesaikan kuliahnya hingga lulus. Hal ini disampaikan langsung oleh Prof. Nasih selaku ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Bukan tanpa sebab hal itu disampaikan, karena lolos melalui jalur SNMPTN tergolong sulit dan banyak siswa yang gagal.

Untuk itu ia mengatakan siswa yang sudah diterima di SNMPTN, baik tahun ini ataupun tahun-tahun sebelumnya untuk bisa berkomitmen menyelesaikan studinya.

Lanjutnya, jika jebolan SNMPTN meninggalkan bangku kuliah sama saja menutup rezeki siswa yang dulunya ikut bersaing di tahun yang sama. Hal itu jelas merupakan tindakan yang merugikan orang lain.

Ia juga menjelaskan jika tidak menerima saat lolos atau di tengah-tengah tidak melanjutkan kuliah, berarti menutup kesempatan orang lain di perguruan tinggi tersebut dan hal tersebut menyebabkan kursi di kampus kosong serta tidak mungkin terisi kembali.

Seperti diketahui, jika siswa dinyatakan diterima melalui jalur SNMPTN, kemudian menolaknya, beberapa pihak kampus akan mempertimbangkan kembali sekolah siswa tersebut di tahun berikutnya.

Prof. Nasih juga mengingatkan, SNMPTN merupakan bentuk bantuan negara kepada para calon mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Seharusnya, dukungan negara tersebut tidak disia-siakan.

Terakhir, ia mengatakan apabila siswa yang telah diterima melalui jalur SNMPTN, baik tahun 2021 maupun sebelumnya, tidak bisa mengikuti SBMPTN pada tahun 2021.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.