KIP Kuliah Tetap Lanjut Tahun 2022, Berikut Evaluasinya

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Abdul Kahar mengungkapkan bahwa pemerintah akan tetap melanjutkan program KIP Kuliah di tahun 2022. Meskipun berdasarkan survei pelaksanaan program KIP Kuliah menunjukan animo yang tinggi di kalangan masyarakat.

Survei yang dilakukan pada akhir November dan awal Desember 2021 ini melibatkan 267 penerima KIP Kuliah dan beberapa stakeholders terkait seperti pimpinan perguruan tinggi.

Terdapat sejumlah catatan dari pelaksanaan program tersebut, Djayadi dari Lembaga Survei Indonesia menjelaskan bahwa masih ada sekitar 13,9 persen penerima KIP Kuliah yang mengalami kesulitan dalam melakukan transaksi pencairan biaya hidup, kebanyakan terkait dengan layanan bank dan juga terkait proses verifikasi data diri. Selain itu, pemenuhan biaya lain yang ditetapkan oleh perguruan tinggi, seperti biaya praktikum dinilai masih perlu dievaluasi.

Dari persoalan itu, Djayadi menggarisbawahi pentingnya dilakukan sosialisasi yang lebih masif untuk keberlanjutan program KIP Kuliah Merdeka Belajar tersebut. Mulai dari pemanfaatan media sosial yang ada hingga media-media yang bisa dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat.

Lebih lanjut, Abdul Kahar memaparkan bahwa di tahun 2022 pemerintah akan menyiapkan semua lini baik media sosial maupun berbagai informasi lainnya dan manual booknya, website semua akan dilengkapi untuk mempermudah aksesibilitas masyarakat.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.