KEREN! UNILA RAIH REKOR MURI DALAM ACARA WEBINAR

Universitas Lampung (Unila) telah menggelar webinar nasional yang kemudian memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Penghargaan tersebut dalam kategori Webinar dengan Peserta Rektor dan Wakil Rektor terbanyak pada Selasa, 5 April 2022.

Piagam penghargaan ini secara langsung diberikan oleh Senior Manager Museum Rekor Dunia Awam Rahargo kepada Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si. Webinar tersebut telah diikuti 250 rektor dan wakil rektor dari perguruan tinggi di Indonesia, jajaran pimpinan di lingkungan Unila, Chief Excutive Officer Sevima Sugianto Halim, tim MURI, dan 4.000-an peserta daring melalui Zoom dan Youtube.. Penghargaan yang diberikan Unila ini tidak hanya sekali namun sudah kedelapan kalinya. 

Pada webinar ini, Rektor Unila menjadi salah satu narasumber yang memberikan masukan dan inspirasi bagi universitas lain untuk memotivasi dosennya meraih gelar guru besar. Menurut Rektor Unila, sulitnya mencapai posisi guru besar disebabkan rumitnya persyaratan yang harus dipenuhi dosen, lama proses, hingga perubahan regulasi. Ternyata, kendala tersebut mengakibatkan jumlah profesor di Indonesia berdasarkan data Kemendikbud Ristek 2019, hanya 2 persen dari total dosen di Indonesia yang mencapai 308.607 orang. Oleh karenanya, Unila mendukung Komisi X DPR RI untuk memberikan masukan kepada menteri mengenai persoalan guru besar ini.

Lebih lanjut, upaya yang bisa dilakukan Unila untuk mempercepat proses penambahan guru besar diantaranya:

1. Membuat tim percepatan guru besar. 

2. Melakukan pendampingan. 

3. Membuat peraturan rektor pemberian insentif dosen. 

4. Memberi dana penelitian yang cukup untuk para dosen. 

5. Membuat sistem kenaikan pangkat yang akuntabel dan transparan.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share