Kemendikbud : Tingkat Kesulitan UN Tidak Berubah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan tingkat kesulitan soal Ujian Nasional (UN) tidak berubah dari tahun sebelumnya.
.
“Tidak ada perubahan distribusi tingkat kesukaran soal dari tahun sebelumnya. Komposisi soal berdasarkan level kognitifnya, yakni 10 hingga 15 persen untuk penalaran, 50 hingga 60 persen untuk aplikasi dan 25 hingga 30 persen untuk pengetahuan dan pemahaman,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno.
.
.
Totok menjelaskan apa yang diujikan dalam UN adalah yang seharusnya diajarkan di sekolah. Kalau ada sekolah yang belum mengajarkan, maka hendaknya harus mengajarkan hal itu pada siswa. Ia juga mengatakan bahwa sejak tahun 2018 rapor UN sudah diberikan ke setiap sekolah sehingga sekolah bisa memberikan pelatihan kepada guru-guru agar mengajarkan materi yang akan diujikan pada UN nanti.
.
.
Dia menjelaskan untuk UN matematika jenjang SMA/MA dan SMK terdapat soal isian singkat dengan persentase 10 persen dari jumlah soal. Dengan hal ini Kemendikbud berharap agar kemampuan siswa meningkat dari tahun sebelumnya. Sementara itu Ujian Nasional (UN) tahun ini diikuti 8,3 juta siswa mulai dari tingkat SMP hingga SMA. Sebanyak 91 persen dilangsungkan dengan berbasis komputer (UNBK).
.
.
Pelaksanaan UN untuk jenjang SMK dimulai pada tanggal 25 – 28 Maret 2019, jenjang SMA/MA pada tanggal 1, 2, 4 dan 8 April 2019 dan pada jenjang SMP/MTs sederajat UN akan dilaksanakan pada tanggal 22-25 April 2019.
.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.