KEMENDIKBUD Berikan Nilai Nol Bagi Siswa yang Curang Saat Pelaksanaan UNBK 2019

Konfrensi pers hasil UNBK 2019 di kantor Kemendikbud, Tanah Abang, Jakarta Pusat yang dilaksanakan hari Selasa, 7 Mei 2019 membahas mengenai isu kecurangan UNBK 2019. Menurut Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Muchlis R. Luddin, isu kebocoran sudah lewat dan tidak mungkin terjadi lagi, tetapi isu yang terjadi dominan pada kecurangan.
.
Berdasarkan laporan yang didapat melalui WhatsApp, email, Posko Itjen, dan media social terdapat 202 aduan kecurangan selama pelasanaan UNBK tersebut. Kecurangan ini berupa pengambilan dan penyebaran gambar soal UNBK melalui ponsel. Pelaku kecurangan tersebut bisa terdeteksi lokasi dan kelasnya melalui nomor IP yang digunakan.
.
Setelah dilakukan verifikasi laporan aduan tersebut, ditetapkan yang terbukti melakukan kecurangan terdapat sebanyak 126 kasus. Kemendikbud menindak 126 peserta ini dengan memberikan hukuman berupa nilai nol.
.
Lebih lanjut, bagi yang mendapat hukuman nilai nol ini diberikan kesempatan untuk UN perbaikan, tapi nantinya akan mendapat dua surat keterangan. Surat keterangan pertama berisi surat keterangan nilai nol dan surat keterangan kedua berisi keterangan perbaikan.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.