Jurusan Yang Bermanfaat Untuk Banyak Orang Tapi Biaya Tidak Murah

Ada banyak pertimbangan seseorang dalam memilih jurusan kuliah, seperti minat, kemampuan, dan pastinya biaya. Untuk masuk ke jurusan yang bisa dibilang impian ini, kita memerlukan biaya yang gak murah. Ini dia jurusan-jurusan mahal namun nantinya bermanfaat untuk orang banyak.
.
Pertama, Kedokteran adalah jurusan yang paling terkenal gak murah. Untuk masuk jurusan kedokteran, kamu bisa mengeluarkan biaya hingga puluhan hingga ratusan juta rupiah. Kamu bisa mengeluarkan uang hingga sekitar Rp700 juta untuk menempuh pendidikan kedokteran. Harga ini belum termasuk biaya praktik yang sering dilaksanakan di kampus. Meskipun begitu, prospek kerja kedokteran sangat mulia.
.
Kedua, Jurusan psikologi merupakan jurusan yang cukup banyak diminati calon mahasiswa. Sayangnya, biaya kuliah psikologi gak murah. Di Universitas Indonesia, biaya kuliah psikologi bisa mencapai sekitar Rp200 juta rupiah. Psikolog menyembuhkan kesehatan mental. Apalagi, akhir-akhir ini kesehatan mental menjadi masalah yang sangat krusial dan gak boleh disepelekan.
.
Ketiga, Jurnalistik. Di salah satu Universitas, total biaya kuliah jurusan jurnalistik mencapai Rp150 juta. Biaya ini belum termasuk biaya kegiatan praktik yang pastinya rutin dilakukan mahasiswa jurnalistik. Ketika jurnalis bekerja di media, mereka memiliki kemampuan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat luas. Jurnalis juga mampu menyampaikan suara masyarakat dan mempengaruhi kebijakan pemerintah.
.
Keempat, Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) sesungguhnya tidak memiliki biaya terlalu mahal. Namun, alat-alat yang dibutuhkan untuk kegiatan praktik merekalah yang membuat jurusan ini menjadi mahal. Misalnya, laptop yang digunakan anak DKV perlu menggunakan spesifikasi, sehingga lebih mahal daripada laptop biasa.
.
Terakhir, jurusan penerbangan sudah terkenal mahal, bahkan bisa melebihi jurusan kedokteran. Hal ini karena latihan praktik dan simulasi penerbangan itu gak bisa sembarangan! Kira-kira untuk kuliah penerbangan, kamu bisa mengeluarkan uang hingga Rp800 juta.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.