Juara Olimpiade Gagal SNMPTN SBMPTN Akhirnya Diterima Di 5 Kampus Sekaligus

Rayhan Danendra Wiracalosa seorang juara olimpiade internasional, membagikan kisahnya saat gagal melanjutkan studi ke perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.
.
Rayhan mengaku sejak duduk di bangku SD, ia bermimpi menjadi juara di ajang OSN. Seiring berjalannya waktu, mimpi Rayhan itu pun terwujud di tahun 2019 ketika meraih medali perak bidang Fisika di OSN 2019, Manado.
.
Berkah dari menjuarai ajang tersebut, Rayhan mendapat kesempatan untuk mewakili daerahnya ke ajang olimpiade internasional di Moscow.
.
Tetapi saat pengumuman Rayhan dinyatakan gagal diterima melalui jalur SNMPTN. Saat itu, dia memilih Sekolah Teknik Elektronika dan Informatika (STEI) ITB dan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB.
.
Dia pun sempat merasa semua prestasi yang pernah ia raih semasa duduk di bangku SMA menjadi sia-sia dan tak berguna. Karena apa yang dia impikan tidak terwujud, Rayhah membutuhkan waktu 3-4 hari untuk menenangkan diri dan mencoba bangkit.
.
Bayang-bayang gagal SNMPTN belum sepenuhnya hilang dari benak Rayhan, kini dia diberikan cobaan yang lainnya ketika sang ayah menghadap ke Sang Ilahi. Ayah Rayhan pergi untuk selama-lamanya karena penyakit stroke yang telah lama dideritanya.
.
impian Rayhan adalah ingin melanjutkan studi di jurusan teknik mesin, tetapi keinginannya itu berubah setelah ayahnya meninggal dunia. Ia berubah pikiran untuk menjadi dokter karena merasa penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam tentang penyakit yang dialami ayahnya.
.
Kali ini, dia mencoba memilih jurusan di Fakultas Kedokteran UI dan Fakultas Kedokteran UNS pada saat SBMPTN, tapi nyatanya ia gagal lagi.
.
Agustus 2020 ini, seolah menjadi bulan baik baginya karena Rayhan berhasil diterima di banyak universitas. Ia diterima di Teknik Mesin UI (Jalur Simak) dan Teknik Mesin UNS (Jalur Prestasi), diterima di Fakultas Kedokteran UNPAD (jalur Prestasi). Diterima juga di Universitas Binus dengan beasiswa full, diterima melalui jalur prestasi untuk kuliah di Ilmu Biomedis UNAND.
.
Rayhan sempat kebingungan untuk memilih mana yang terbaik bagi dirinya. Akhirnya, Rayhan memilih kuliah di jurusan Teknik Mesin UI agar tidak merantau untuk menjaga keluarganya.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.