Jangan Khawatir! Penerima KIP-Kuliah Juga Bisa Kuliah di Fakultas Kedokteran

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memastikan calon mahasiswa pemegang Kartu Indonesia Pintar atau KIP-Kuliah bisa menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran.

Menurut Nadiem, anak-anak berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN) favorit termasuk memilih program studi.

Ia juga mengatakan, dulu untuk masuk Fakultas Kedokteran itu sulit dijangkau oleh calon mahasiswa kurang mampu tetapi cerdas, karena biaya perkuliahan yang mahal.

Seperti yang kita tahu, bahwa biaya pendidikan untuk Fakultas Kedokteran mencapai puluhan juta, belum lagi ditambah pengeluaran biaya praktik dan lain sebagainya.

Nadiem juga memastikan, semua siswa berhak menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran, baik yang kelebihan materi maupun tidak.

Lanjutnya, untuk membangun SDM unggul, mahasiswa cerdas dari golongan ekonomi lemah harus difasilitasi, salah satunya adalah dengan program KIP-Kuliah.

Selama ini, mereka terpaksa memilih program studi (prodi) sesuai dana bantuan pemerintah (beasiswa) sebesar Rp 2,4 juta per semester.

Hal inilah yang membuat Nadiem mengubah skema bantuan biaya pendidikan hingga Rp 12 juta per semester.

Nadiem berharap, dengan adanya kenaikan bantuan biaya pendidikan, siswa penerima KIP-Kuliah yang ingin menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran jangan merasa minder dan takut untuk mendaftar kesana.

5.00 avg. rating (89% score) - 1 vote
Share
0 Comments

No Comment.