Jadwal UTBK Maju Munculkan Protes Publik

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan memajukan tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN) 2020 menjadi pada akhir 2019. Rencana itu diberlakukan pada segmen Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tetapi publik memprotes rencana ini.
.
Pada laman petisi online change.org, warga daring menolak rencana pemajuan UTBK. Telah ada 77 ribu yang menolak ide Menteri Nasir. Menurut pencetus petisi, pemajuan UTBK ke akhir semester 5 bukannya akan meningkatkan hasil UTBK dan UN, tetapi justru berpotensi menjatuhkan keduanya.
.
Terdapat empat alasan mereka menolak. Pertama, waktu belajar sangat singkat. Saat ini sudah pertengahan Agustus. Jika jadi digelar November, hanya ada waktu sekitar 2 bulan buat belajar. Kedua, infrastruktur belum tentu siap. Berkaca pada UTBK 2019, masalah teknis, seperti akses website, masih banyak dikeluhkan. Ketiga, materi UTBK akan bertabrakan dengan materi UN. Sebab, masa itu para siswa sedang mempersiapkan materi UN. Terakhir, tak ada prioritas bagi UN. UN hanya formalitas dan tak menentukan kelulusan, apalagi menentukan penerimaan di PTN.
.
Menurut Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Naim, pelaksanaan UTBK akan dilaksanakan sekitar semester 5, tapi belum ditentukan kapan tanggal tepatnya. Sehingga siswa SMA yang sudah kelas 3 itu sudah mulai ikut seleksi. Ainun menambahkan ada kemungkinan jumlah gelombang pada tes UTBK akan ditambah. Sehingga siswa-siswi bisa mendapatkan kesempatan lebih banyak agar dapat diterima di perguruan tinggi yang diharapkan.
.
Untuk materi UTBK, secara terpisah Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Ismunandar mengatakan, Tes Potensi Akademik yang bakal dimasukkan dalam tidak akan berpengaruh terhadap kompetensi murid. Jika rencana ini telah disahkan, maka TPA-nya hingga materi kelas 2.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.