JADWAL DAN SYARAT JALUR SELEKSI PRESTASI UNIVERSITAS ANDALAS

Jalur seleksi masuk berdasarkan prestasi unggul (SIMA-PRESTASI) memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat yang mempunyai prestasi dalam bidang minat, bakat, dan penalaran umum untuk menempuh pendidikan di Unand. Jadwal pendaftaran SIMA PRESTASI dimulai dari tanggal 12 Mei hingga 7 Juni 2022. Adapun seleksi uji hafalan untuk hafidz dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 22 Juni.

Berikut persyaratan umum yang harus dipenuhi peserta SIMA PRESTASI Universitas Andalas:

1). Lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat dalam tiga tahun terakhir yang sudah mempunyai ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL).

2). Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditentukan oleh masing-masing program studi.

3). Memiliki nilai rapor dari semester 1 hingga semester 4.

4). Memiliki prestasi serendah-rendahnya peringkat/juara III dalam bidang bakat, minat, dan penalaran pada kejuaraan/lomba tingkat internasional atau nasional.

5). Prestasi tersebut diperoleh dalam tiga tahun terakhir selama pendidikan dan/atau setelah tamat.

6). Kriteria prestasi unggul tersebut mencakup:

  • Juara/prestasi tingkat internasional yang dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga penyelenggara.
  • Juara/prestasi tingkat nasional yang dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga resmi (kementerian/lembaga, perguruan tinggi, atau BUMN).
  • Daftar bidang olahraga yang dapat diikuti terdiri dari atletik, bulu tangkis, gulat, judo, karate, kempo, panahan, pencak silat, renang, taekwondo, tarung drajat, tenis lapangan, dan tenis meja.
  • Daftar bidang kesenian yang dapat diikuti terdiri dari desain poster, desain interior/eksterior, fotografi, kaligrafi/lukisan, pembaca puisi/cerpen, pidato/penyiar/pembawa acara, dan penulis cerpen.
  • Daftar bidang sains yang dapat diikuti terdiri dari kontes robot, lomba debat, lomba karya tulis ilmiah, dan lomba sains (akademik).
  • Daftar bidang keagamaan/MTQ yang dapat diikuti terdiri dari bidang hafidz, bidang fahmil Qur’an, bidang syahril Qur’an, bidang tafsir Qur’an, dan bidang tartil/tilawah Qur’an.
  • Bidang keagamaan non lomba yang dapat diikuti terdiri dari hafidz.
  • Bidang kepemimpinan yang dapat diikuti terdiri dari ketua umum OSIS/OSIM dan ketua umum MPK atau yang setara.

7). Prestasi penalaran lainnya di bidang keagamaan seperti Hafiz Al-Quran minimal 10 (sepuluh) juz yang dibuktikan dengan sertifikat dari sekolah.

8). Bakat dalam bidang kepemimpinan dikhususkan untuk ketua umum OSIS/OSIM atau organisasi intra lainnya yang setara di SMA/SMK/MA atau sederajat yang dibuktikan dengan SK pengurus dan SK/sertifikat pengalaman organisasi/pelatihan kepemimpinan lainnya yang memadai.

Selain itu, dokumen yang harus diupload untuk peserta SIMA PRESTASI Universitas Andalas di antaranya:

1). Fotokopi ijazah dalam 3 (tiga tahun terakhir atau SKL bagi lulusan tahun 2022, yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah).

2). Nilai rapor semester 1 hingga semester 4 yang dilegalisasi oleh kepala sekolah.

3). Bukti prestasi berupa sertifikat/piagam/surat keterangan (minimal juara tiga tingkat nasional yang dilegalisasi oleh kepala sekolah.

4). Bukti bakat kepemimpinan berupa SK pengurus OSIS/OSIM atau organisasi intra lainnya yang setara di SMA/SMK/MA atau sederajat serta SK/sertifikat pengalaman organisasi/pelatihan kepemimpinan lainnya yang memadai dan dilegalisir oleh kepala sekolah.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman https://pmb.unand.ac.id/sima-prestasi/.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share