IPB Resmikan Laboratorium Uji Antivirus Pertama di Indonesia

Laboratorium Mikrobiologi pertama di Indonesia yang mampu melakukan pengujian virus terhadap produk-produk Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) diresmikan Unit Laboratorium Jasa Pengujian dan Sertifikasi IPB University bersama Wings Group Indonesia, pada Senin, 27 Desember 2021.

Laboratorium ini dikembangkan untuk mendukung regulasi Kementerian Kesehatan, yang mana di Indonesia sendiri masih belum ada fasilitas pengujian terhadap produk PKRT (seperti hand sanitizer, disinfektan, masker, pembersih lantai dan lainnya) yang dapat membunuh virus atau antivirus. Selain itu, juga untuk membantu pelaku usaha dalam mendapatkan izin edar yang mengharuskan adanya hasil uji lab serta untuk pengujian bakteri dan fungi.

Tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, Laboratorium Terpadu ini kualitasnya dalam pengujian dan sertifikasi. Sekaligus juga memiliki tingkat keamanan biologi atau biosafety level 2 (BSL-2) dan tengah disiapkan menuju BSL-3.

Melihat hal tersebut, Wings Group Indonesia turut membantu dalam menyediakan instrumen dan peralatan laboratorium. Dari adanya kolaborasi ini, Ricky Tjahjono selaku Direktur Wings Group Indonesia percaya semua akan berjalan dengan baik dan laboratorium ini dapat bermanfaat bagi negara, masyarakat dan industri.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.