Inovatif, Dosen UI Ciptakan Alat Penetas Telur Berbasis Tenaga Surya

Ir. Chairul Hudaya merupakan Dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI). Beliau telah berhasil mengupgrade mesin penetas Telur biasa menjadi penetas telur bertenaga surya. Mesin ini mampu menetaskan hingga 100 butir telur secara otomatis.
.
Alat ini merupakan milik petani, kemudian Chairul mengubah sistemnya menjadi Solar Charging yang memungkinkan alat ini mengisi daya dengan bantuan tenaga surya sehingga lebih hemat dan efisien.
Dalam satu periode penetasan telur biasanya akan menghabiskan waktu selama 21 hari. Kelebihannya, waktu penetasan telur tidak akan terganggu oleh listrik yang padam karna bahan bakarnya murni menggunakan tenaga surya.
.
Chairul memutuskan untuk menghibahkan alat tersebut kepada Yayasan Rumah Yatim dan Pesantren Ruhama (RYP Ruhama). Serah terima Mesin Penetas Telur dilaksanakan pada bulan September lalu.
.
“Saya berharap teknologi tepat guna ini dapat bermanfaat bagi pengurus yayasan dan para santri RYP Ruhama untuk menunjang kemandirian pengurus dan para santri,” kata Chairul. .
Menurut Chairul, ia melihat, RYP Ruhama memerlukan program pemberdayaan santri pasca kelulusan. Mengingat lokasinya yang berada di tengah tengah perkampungan warga, sehingga hibah alat ini dapat memberdayakan para santri serta masyarakat sekitar juga untuk dapat produktif berwirausaha dan menjadi sumber mata pencaharian juga.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.